Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 19 Jun 2019 - 15:28:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat IT: Patroli Grup WhatsApp Berpotensi Langgar UU

tscom_news_photo_1560932880.jpg
aplikasi Whatsapp (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pengamat IT dan Telekomunikasi Herry Setiadi Wibowo mengatakan, wacana pihak kepolisian yang berencana melakukan patroli di grup WhatsApp berpontensi melanggar Undang-Undang.

Berdasar keputusan MK, kata ia, hakim MK berpendapat penyadapan merupakan bentuk pelanggaran terhadap hak privasi yang bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945. Dan aturan penyadapan di UU ITE telah dibatalkan dan diharuskan diatur dalam UU tersendiri yang mengatur penyadapan.

"Hakim Konstitusi melalui Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 5/PUU-VIII/2010 membatalkan Pasal 31 ayat (4) UU ITE karena tidak ada pengaturan yang baku mengenai penyadapan, sehingga memungkinkan terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya," kata Herry saat dihubungi, Rabu (19/6/2019).

"Jadi kalau menyadap tidak boleh, kalau pakai metode lain bisa," tambahnya.

Ia mempertayakan metode bagaimana mereka membaca data atau konten WA perlu secara transparan disampaikan ke publik. Sebab ini isu sudah lama beredar tapi selalu dikatakan pemerintah sebagai hoaks.

"Percakapan di WA termasuk grup sebenarnya wilayah privat. Kalau dibuka semua ke publik atau disadap ya kita seperti hidup di rumah kaca," tegasnya. (ahm)

tag: #polri  #hoax  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement