Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Selasa, 25 Jun 2019 - 09:43:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Apapun Keputusan MK, KPU Siap Melaksanakan

tscom_news_photo_1561430608.jpg
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan Azis (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan Azis, menjelaskan alasan pihaknya yakin hanya menghadirkan satu saksi dalam sidang sengketa hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). Di sisi lain, KPU juga siap melaksanakan apapun keputusan MK.

Viryan menegaskan dokumen atau jawaban tertulis menjadi alat bukti pertama yang akan dipertimbangkan oleh majelis hakim MK.

"Sebelumnya telah menyampaikan di sidang perdana, bahwa jawaban atau dokumen tertulis atau surat menjadi peringkat pertama dalam pertimbangan mereka terkait konteks alat bukti. Kemudian, yang kedua adalah ahli. Ketiga, kesaksian dari saksi. Jadi KPU tidak berdrama, yang penting substansinya tersampaikan," kata Viryan, Senin (24/6/2019).

Sebelumnya, Viryan, mengatakan semua pihak sebaiknya tidak mendramatisasi putusan perkara sengketa hasil pilpres yang dimajukan. MK menjadwalkan pembacaan putusan pada Kamis (27/6) mendatang.

"Iya jangan didramatisasi. Mari kita semua menerima (putusan MK). Sebab ini yang menentukan adalah MK, lembaga yang sah dan konstitusional memutuskan (hasil pilpres)," ujar Viryan.

Dia mengingatkan, MK sudah teruji dalam menutuskan sengketa hasil Pilpres 2004, 2009 dan terakhir pada 2014. MK pun telah teruji memutuskan sengketa hasil pilkada sejak 2005 hingga 2018.

Terkait dengan berbagai kemungkinan dalam amar putusan MK nanti, Viryan menegaskan bahwa KPU sudah siap. Termasuk jika nanti diminta untuk mendiskualifikasi salah satu capres-cawapres sebagaimana yang didalilkan dalam permohonan pemohon.

"Jangankan pemilu ulang, KPU insya Allah akan siap melaksanakan apapun putusan itu. Apapun putusan Mahkamah, KPU akan laksanakan. KPU tidak punya rekam jejak tidak melaksanakan putusan MK," tambahnya. (plt)

tag: #kpu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement