Bisnis
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Jumat, 05 Jul 2019 - 15:18:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Akhir Juni, Cadangan Devisa Indonesia USD123,8 Miliar

tscom_news_photo_1562314692.jpg
Cadangan devisa (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Bank Indonesia (BI) menyatakan jumlah cadangan devisa Indonesia bertambah USD3,5 miliar menjadi USD123,8 miliar pada akhir Juni 2019 lalu.

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko, hal tersebut dipicu oleh penarikan utang luar negeri pemerintah.

Selain penarikan utang luar negeri, bertambahnya cadangan devisa juga disebabkan penerimaan dari sektor minyak dan gas bumi dan penerimaan valas lainnya.

"Bank Sentral memandang cadangan devisa tetap memadai dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik," kata Onny dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Onny juga mengatakan cadangan devisa untuk menopang ketahanan eksternal itu juga masih berada di atas standar kecukupan internasional yakni sekitar tiga bulan impor.

Pasalnya, cadangan devisa yang dimiliki Indonesia per akhir Juni 2019 tersebut dikatakan Onny setara dengan 7,1 bulan impor atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Dengan kondisi tersebut, BI menilai cadangan devisa mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," pungkasnya. (ahm)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Bisnis Lainnya
Bisnis

Pratama Widya Tbk Akan Ekspansi ke Indonesia Timur

Oleh Bachtiar
pada hari Jumat, 18 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Hingga awal September 2020, Pratama Widya Tbk berhasil mendapatkan kontrak baru senilai Rp 141,13 Miliar atau mencapai 86 persen dari target kontrak baru tahun ini yang ...
Bisnis

Mola Tv App Hadir di IndiHome Dengan Berbagai Tayangan Liga Bergengsi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- IndiHome sebagai layanan fixed broadband milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berinovasi dalam menyajikan tayangan yang berkualitas untuk masyarakat ...