Bisnis
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Jumat, 05 Jul 2019 - 15:18:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Akhir Juni, Cadangan Devisa Indonesia USD123,8 Miliar

tscom_news_photo_1562314692.jpg
Cadangan devisa (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Bank Indonesia (BI) menyatakan jumlah cadangan devisa Indonesia bertambah USD3,5 miliar menjadi USD123,8 miliar pada akhir Juni 2019 lalu.

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko, hal tersebut dipicu oleh penarikan utang luar negeri pemerintah.

Selain penarikan utang luar negeri, bertambahnya cadangan devisa juga disebabkan penerimaan dari sektor minyak dan gas bumi dan penerimaan valas lainnya.

"Bank Sentral memandang cadangan devisa tetap memadai dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik," kata Onny dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Onny juga mengatakan cadangan devisa untuk menopang ketahanan eksternal itu juga masih berada di atas standar kecukupan internasional yakni sekitar tiga bulan impor.

Pasalnya, cadangan devisa yang dimiliki Indonesia per akhir Juni 2019 tersebut dikatakan Onny setara dengan 7,1 bulan impor atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Dengan kondisi tersebut, BI menilai cadangan devisa mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," pungkasnya. (ahm)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement