Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Jumat, 12 Jul 2019 - 13:17:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kematian Petugas KPPS Meningkat, DPR Evaluasi Total Pemilu 2019

tscom_news_photo_1562905960.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi II DPR RI Abdul Hakam Naja mengatakan, angka kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2019 naik empat kali lipat jika dibandingkan dengan Pemilu 2014.

Menurutnya hal ini perlu dievaluasi lebih komprehensif, sehingga diketahui penyebab dari tingginya angka kematian tersebut.

Dikabarkan, petugas Pemilu yang meninggal pada Pemilu 2019 lalu hampir 600 orang.

"Petugas yang meninggal naik 4 kali lipat dibandingkan pada Pemilu 2014. Tentu DPR sebagai pembuat UU ingin melihat ini lebih komprehensif, kami harus melakukan evaluasi penyebab banyak petugas yang meninggal ini," kata Hakam di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

"Apakah dari riwayat kesehatannya, atau karena bebannya terlalu berat, atau karena tekanan mental yang begitu besar, karena ada dua event besar, Pileg dan Pilpres," tambahnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) menegaskan, insiden ini akan menjadi bahan evaluasi DPR dalam menyusun UU, apakah Pemilu yang meliputi Pileg dan Pilpres akan tetap digabung atau dipisah.

Karena, menurutnya, ini juga merupakan keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Maka itu, dia meminta laporan terkait hal tersebut dari berbagai daerah dan akan dievaluasi secara nasional.

"Itu bertujuan agar Pemilu ke depan lebih baik dan tidak lagi mengalami problem yang sama dengan Pemilu 2019," jelasnya.(plt)

tag: #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...