Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 31 Jul 2019 - 23:28:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Cerita JK Jadi Wapres Tanpa Partai

tscom_news_photo_1564590498.jpg
Wapres JK di Muspinas Kosgoro 1957 di Hotel Kartika Chandra. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Presiden Jusuf Kalla(JK)bercerita mengenai jabatannya dua kali menjadi Wapres tanpa dukungan Golkar.

"Saya ada kekhususan, saya wakil presiden pertama tanpa partai. Kemudian, begitu didukung kedua kalinya Partai Golkar (calon presiden), kalah. Kemudiannyalonlagi tanpa partai (2014l, masuk lagi," kata JK di Muspinas Kosgoro 1957 di Hotel Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

JK tercatat menjadi wakil presiden pada 2004-2009 mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat mencalonkan diri pada 2009 menjadi calon presiden, JK kalah dari SBY.

JK kemudian meminta kader ormas Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) solid mendukung Partai Golkar.

JK mengaku terkesan melihat kader Kosgoro dalam Muspinas. Hal tersebut mengingatkan pada dirinya selama menjadi pengurus pada 15 tahun lalu.

"Saya kalau melihat begitu banyak baju kuning, teringat masa-masa 15 tahun yang lalu sampai 10 tahun yang lalu. Pada zaman di Partai Golkar dan kenangan-kenangan itu bermanfaat," jelasnya.

Kepada para kader Kosgoro, JK mengingatkan untuk mengutamakan demokrasi dalam organisasi. Menurutnya, demokrasi yang baik harus dimulai dari internal partai.

"Kalau Golkar tidak demokratis, sulit mencapai cara demokratis pula. Begitu pula Kosgoro," sebutnya.

JK juga mengingatkan untuk mengakhiri cara lama bila tidak puas dengan Golkar, yaitu membuat partai baru. Dia menyebut seharusnya suara Golkar dengan partai pecahan bisa mencapai 40 persen bila digabungkan.

"Memang benar kita harus mengakhiri kebiasaan lama. Kalau tidak puas di Golkar bikin yang lain. Kalau semua partai digabung jadi satu, saya kira Golkar akan mencapai 40 persen," tuturnya. (Alf)

tag: #jusuf-kalla  #partai-golkar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement