Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 01 Agu 2019 - 14:17:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Fahri Klaim Indonesia Mirip Amerika Soal Demokrasi

tscom_news_photo_1564643820.jpg
Fahri Hamzah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Fahri Hamzah menilai demokrasi Indonesia memiliki banyak kemiripan dengan sistem demokrasi di Amerika Serikat.

Salah satunya, lanjut Fahri, dalam hal sistem pemerintahan yang menganut sistem presidensial. Bedanya hanya terletak pada sistem negara dan banyaknya partai politik di Indonesia.

"Memang demokrasi Indonesia lebih banyak kemiripannya dengan sistem demokrasi Amerika. Meski mereka negara federal dan kita negara kesatuan, tetapi sistemnya kan presidensial, kita ini partainya lebih banyak sementara mereka kan partainya hanya dua," kata Fahri di Jakarta, Kamis (1/8/2019).

"Sehingga kita bisa bilang bahwa mengelola politik di Indonesia ini kadang-kadang bisa dibilang lebih rumit daripada mengelola politik di Amerika," tambahnya.

Tidak hanya kesamaan sistem dalam pengelolaan negara, Fahri menambahkan terdapat pula kesamaan Indonesia-AS dalam mengelola parlemen, yaitu sistem dua kamar atau yang lebih dikenal dengan sistem bikameral.

"Bagaimana mereka mengelola politik sehari-hari itu rada mirip, tetapi mereka kongresnya lebih kuat daripada kita. Mereka memang bikameral, kita ini baru satu kamar yang kuat, tapi kekuatan mereka betul-betul kuat," ujarnya.

Sementara itu, terkait hubungan bilateral antara parlemen Indonesia-AS, dinilai Fahri perlu dilakukan guna menjawab tantangan global.

"Kita (Indonesia) bisa bicara isu-isu demokrasi karena menjadi negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, juga kita bisa bicara isu-isu terkait Islam karena kita negara dengan komunitas Muslim terbesar sedunia. Mereka perlu partner, kita semua menyampaikan bahwa Indonesia-Amerika dapat berpartner dalam menjawab tantangan global," tambah Fahri.

Hingga saat ini, kerja sama antar parlemen Indonesia-AS sudah berjalan dengan rutin. Bahkan menurut politisi dapil Nusa Tenggara Barat itu, tingkat kerja samanya sudah turun hingga ke tinggkat staf peneliti di Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI.

"Mereka rutin mengadakan asistensi, ada training di sini dan di sana. Ini dalam rangka proyek Modernisasi Parlemen yang kita rancang. HDP ini juga termasuk lembaga yang membantu Modernisasi Parlemen diseluruh dunia," imbuhnya. (ahm)

tag: #fahri-hamzah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement