Berita
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Sabtu, 03 Agu 2019 - 16:28:38 WIB
Bagikan Berita ini :
Kunjungi Korban Gempa di Pandeglang

Mensos Minta Warga Bangun Rumah Tahan Gempa

tscom_news_photo_1564824518.jpeg
Rumah rusak akibat gempa (Sumber foto : Istimewa)

PANDEGLANG (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita meminta masyarakat yang terdampak gempa 6,9 SR di Banten untuk membangun rumah yang tahan gempa.

"Kami pesankan kepada warga yang nanti akan kami beri bantuan agar membangun rumah baru yang bisa lebih tahan gempa," kata Mensos di Pandeglang Banten, Sabtu (3/8/2019).

Mensos juga mengatakan, Kementerian Sosial menyiapkan bantuan stimultan bagi warga yang rumahnya rusak akibat gempa dengan kisaran nilai bantuan Rp20 juta per unit dalam bentuk bahan bangunan.

"Kita tidak berdoa supaya ada kejadian lagi, tapi kalau kejadian kembali tentu rumah-rumahnya itu kita harapkan bisa lebih kuat dan lebih tahan gempa," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo yang sebelumnya juga sudah meninjau lokasi gempa mengatakan banyak rumah yang rusak disebabkan tidak sesuai dengan struktur bangunan seperti ketiadaan pondasi. Doni memperkirakan jumlah rumah yang rusak berjumlah lebih dari 200 unit.
"Data sementara mendekati 200, mungkin bisa bertambah," kata Doni.

Doni juga menyatakan gempa yang terjadi tadi malam mengakibatkan tiga orang meninggal dunia namun bukan karena dampak langsung dari gempa tapi karena sakit dan kelelahan. (ahm)

tag: #gempa-bumi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement