Berita
Oleh Jihan Nadia pada hari Selasa, 06 Agu 2019 - 20:43:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Pamong Praja Muda IPDN Siap Mengabdi untuk Bangsa dan Negara

tscom_news_photo_1565098999.jpg
Pelantikan Pamong Praja Muda Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) oleh Wapres Jusuf Kalla pada Selasa (06/08/2019). (Sumber foto : Ist)

JATINANGOR (TEROPONGSENAYAN) --Sebanyak 744 Pamong Praja Muda Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) resmi dilantik oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Selasa (06/08/2019). Pelantikan yang dirangkaikan dengan apel Victory tersebut digelar di Lapangan Parade Abdi Praja Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat.

Dalam laporannya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, bahwa para Pamong Praja Muda yang dilantik telah siap mendarma bhaktikan pengabdiannya untuk bangsa dan negara dimanapun mereka ditugaskan.

"Pamong Praja Muda ini telah dibekali dengan materi Revolusi Mental sebagai Kader Pelopor Revolusi Mental (KPRM) penjabaran dari Program Nawa Cita Bapak Presiden dan Wakil Presiden, serta Aplikasi Nyata setelah Bapak Presiden menetapkan IPDN sebagai Kampus Pelopor Penggerak Revolusi Mental pada tanggal 15 Juni 2015. Dengan materi revolusi mental, para Pamong Praja Muda ini telah siap mendarma bhaktikan pengabdiannya untuk bangsa dan negara dimanapun mereka ditugaskan," kata Tjahjo.

Dilanjutkan Tjahjo, para Pamong Praja Muda ini nantinya akan ditempatkan secara lintas provinsi untuk mengimplementasikan Nawa Cita sebagai wujud hadirnya negara di setiap wilayah.

"Nantinya Pamong Praja Muda ini akan ditempatkan di daerah penugasan dengan sistem cross provinsi khususnya di daerah perbatasan, pedalaman dan pulau terluar dengan masa kerja minimal dua tahun yang ditugaskan khusus melaksanakan Nawa Cita menghadirkan pemerintahan dekat dengan masyarakat, melayani masyarakat dengan hati yang tulus dan penuh dedikasi atas dasar tanggung jawab yang tinggi dalam koridor poros pemerintahan dalam negeri," imbuhnya.

Pamong Praja Muda yang dilantik adalah putra/putri terbaik bangsa wakil dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Mereka telah diwisuda pada Senin (05/08/2019) setelah melalui proses panjang pendididikan selama 4 tahun dengan Sistem Pendidikan JARLATSUH (Pengajaran, Pelatihan dan Pengasuhan).

Tak hanya itu, dalam proses pendidikannya, mereka juga telah belajar dan berlatih bersama dengan Taruna TNI dan Taruna Kepolisian melalui Program Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna TNI dan Kepolisian, melalui kegiatan Kunjungan Taruna, kegiatan LATSITARDA dan kegiatan Latihan Dasar Mental Kedisiplinan Praja di Akademi Kepolisian, serta pemahaman mengenai bahaya narkotika, penanggulangan terorisme, dan pencegahan korupsi.

744 Pamong Praja Muda Lulusan IPDN Angkatan XXVI Tahun 2019 terdiri dari Putra 479 orang dan Putri 265 orang. Selain dihadiri Wapres Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersera Ibu Erni Guntari Tjahjo Kumolo, pelantikan juga dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Forkopimda Jawa Barat, Bupati Sumedang, Forkopimda Jawa Barat, perwakilan TNI dan Polri, serta sejumlah pejabat lainnya. (Alf)

tag: #kementerian-dalam-negeri  #tjahjokumolo  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...