Bisnis
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 21 Agu 2019 - 16:08:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Awas, Indonesia Dalam Ancaman Resesi Ekonomi

tscom_news_photo_1566378511.jpeg
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati menyatakan, Indonesia dihantui bahaya resesi bila tak mewaspadai acanam ekonomi global. Saat ini, ekonomi global cenderung membawa pelemahan terhadap perekonomian negara-negara berkembang.

"Tidak hanya Indonesia yang mengalami tantangan tersebut, tetapi seluruh negara, terutama negara berkembang," ujar Sri seminar nasional Nota Keuangan RAPBN 2020: Mengawal Akuntabilitas Keuangan Negara di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Menurut Menkeu, bahaya resesi menjadi prioritas utama kewaspadaan pemerintah dalam menghadapi tantangan ekonomi global atau eksternal.

"Apa yang kita perhatikan dalam ekonomi dunia, proyeksi ekonomi dunia melemah, bahkan beberapa bisa disebut resesi. Ini pusat kewaspadaan kita," katanya.

Menurut Sri Mulyani, saat ini resesi bukan hanya menjadi ancaman negara-negara berkembang. Sebaliknya, negera yang mengalami pelemahan hingga resesi merupakan negara yang sangat berpengaruh.

"Jerman, Singapura, negara latin AS seperti Argentina yang dalam masa krisis, Meksiko, Brasil, juga dalam situasi sulit. Eropa juga mengalami berbagai masalah seperti Brexit," jelasnya.

Sebagai antisipasi ancaman tersebut, kata Sri, pemerintah tengah merancang pengoptimalan penggunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 untuk menjaga ekonomi nasional. (plt)

tag: #ekonomi-indonesia  #sri-mulyani  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement