Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 27 Agu 2019 - 11:09:30 WIB
Bagikan Berita ini :
Survey KedaiKOPI

39,8 Persen Masyarakat Indonesia Tak Setuju Ibu Kota Pindah

tscom_news_photo_1566878970.jpg
Kota Jakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Survei KedaiKOPI menemukan umumnya warga tak setuju dengan rencana pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

Dalam survei yang digelar KedaiKOPI pada 14-21 Agustus 2019, sebanyak 39,8 persen responden menyatakan tak setuju terkait pemindahan ibu kota negara.

"Sebanyak 39,8 persen responden menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pemindahan ibu kota, sedangkan yang setuju sebesar 35,6 persen dan 24,6 persen memilih untuk tidak beropini," kata DirekturEksekutif KedaiKOPI Kunto Wibowo di Jakarta,Selasa (27/8/2019).

Survei dilakukan di 34 Provinsi Indonesia terhadap 1.200 orang responden dengan margin of error sebesar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Dalam survei itu, tulis Kunto, penduduk di Pulau Sulawesi paling setuju ibu kota dipindah. Sebanyak 68,1 persen responden di Sulawesi menyatakan setuju.

Sementara penolakan terbanyak berasal dari warga Jakarta. Sebanyak 95,7 persen responden asal Jakarta menyatakan tidak setuju ibu kota pindah.

"Penduduk DKI Jakarta tentu saja yang paling terdampak dari rencana perpindahan ini, tidak mengherankan jika mereka paling banyak yang tidak setuju," ujar Kunto.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan bakal memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, tepatnya di sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara.

Ia mengatakan pemindahan ibu kota negara untuk mengurangi beban yang dialami DKI Jakarta dan Pulau Jawa, seperti kepadatan penduduk, kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan air. (ahm)

tag: #pemindahan-ibu-kota  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Sambut Ramadhan, Puan: Jadikan Puasa Ini Untuk Introspeksi Diri

Oleh Bachtiar
pada hari Selasa, 13 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak masyarakat menjadikan bulan suci Ramadhan ini untuk meningkatkan ketakwaan, melatih kesabaran, serta meningkatkan rasa kepedulian pada ...
Berita

Tempat Wisata Dibuka, Mudik Dilarang, Netty: Membuat Masyarakat Bingung

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mengkritik keras kebijakan pemerintah yang membuka destinasi wisata namun melarang masyarakat untuk ...