Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Selasa, 10 Sep 2019 - 10:03:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Pasokan Air Bakal Jadi Masalah di Ibu Kota Baru

tscom_news_photo_1568084626.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pasokan air ditengarai bakal menjadi masalah di kawasan Ibu Kota baru di Kabupaten
Penajem Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

"Kalau nanti (kawasan di Kalimantan Timur( jadi ibu kota, saya concern-nya ke air. Dari mana sumber airnya?," tutur Pengamat Tata Kota dari Institut Teknologi Kalimantan Farid Nurrahman, di Jakarta, Senin (9/9).

Kekhawatiran tersebut merujuk kepada kota tetangga, yakni Balikpapan. Menurutnya, pusat bisnis di Kaltim itu masih menggunakan air hujan yang ditampung dan direvilitasi sebagai sumber air bersihnya. Selain itu, ada beberapa titik sumber air untuk disuling kembali sembari membangun waduk-waduk baru.

"Sampai sekarang dengan cara-cara seperti itu pun masih belum maksimal. Di ibu kota baru ini belum ada kajian mendalam mengenai nanti sumber airnya berada dari kawasan mana saja," jelasnya.

Farid menyatakan ada sejumlah titik sumber air yang bisa digunakan ibu kota baru nantinya. Pertama, Sungai Mahakam yang bermuara di Selat Makassar.

"Sebenarnya ada beberapa titik, ya termasuk Sungai Mahakam walaupun jaraknya cukup jauh. Cuma itu bisa menjadi salah satu sumber potensial," tutur Farid.

Kedua, hutan lindung di dekat ibu kota baru, yang sudah jadi sumber air bagi Balikpapan. Ketiga, penampungan air hujan atau penyulingan air asin juga bisa jadi salah satu alternatif.

Ia menyarankan setiap gedung yang dibangun di ibu kota baru nanti dilengkapi dengan teknologi penampung air hujan.(plt)

tag: #pemindahan-ibu-kota  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...