Berita
Oleh Jihan Nadia pada hari Kamis, 12 Sep 2019 - 06:53:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Ma'ruf Cahyono: Konstitusi Terkait Erat dengan Antikorupsi

tscom_news_photo_1568246012.jpg
(Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Puncak kegiatan Festival Konstitusi dan Anti korupsi Tahun 2019 diadakan Talk Show dengan tema "Ukir Jejak Integritasmu, Wujudkan Budaya Konstitusi dan Antikorupsi" di Grha Sabha Pramana, Kampus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (11/9/2019). Tampil dalam Talk Show ini Sekretaris Jenderal MPR Dr. H. Ma"ruf Cahyono, Ketua KPK Agus Rahardjo, Wakil Ketua MK Prof Dr Aswanto, dan Rektor UGM Prof Panut Mulyono.

Dalam talk show yang diikuti ribuan mahasiswa UGM, Ma"ruf Cahyono mengungkapkan konstitusi memiliki kaitan erat dengan antikorupsi. Apabila masyarakat khususnya generasi muda bisa memahami nilai-nilai konstitusi maka nilai-nilai itu akan menjadi rambu-rambu untuk mencegah perilaku atau tindakan korupsi.

Ma"ruf menjelaskan keberadaan konstitusi (UUD NRI Tahun 1945) sangat penting. Konstitusi tidak hanya menjadi landasan yang mengatur penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara tetapi juga mengandung ideologi dan jatidiri bangsa. "Dalam konstitusi ada ideologi dasar negara Pancasila yang menjadi jatidiri bangsa," katanya.

Karena itulah generasi muda dan para mahasiswa harus memahami konstitusi dan Pancasila. "Generasi muda harus paham dan tahu konstitusi serta mempunyai kesadaran berkonstitusi," ujarnya seraya menambahkan generasi muda adalah orang-orang yang memiliki optimisme harus paham konstitusi dan terdepan dalam memahami konstitusi.

Menurut Ma"ruf, MPR dengan visi sebagai Rumah Kebangsaan dan pengawal ideologi Pancasila dan kedaulatan rakyat senantiasa terus melakukan internalisasi nilai-nilai Pancasila dan konstitusi melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR. "Bukan hanya internalisasi nilai-nilainya tapi juga normanya. Saya kira ada kaitan antara konstitusi dan pemberantasan korupsi. Sebab, dengan memahami konstitusi dan peraturan perundang-undangan secara baik maka dengan sendirinya perilaku koruptif tidak akan mungkin terjadi," tegasnya.

MPR, lanjut Ma"ruf, melakukan berbagai cara dan metode sosialisasi Empat Pilar MPR untuk memberi pemahaman ideologi negara dan konstitusi agar generasi muda memiliki orientasi menuju bangsa yang religius, humanis, nasionalis, demokratis dan adil. "Kita terus memberi pemahaman konstitusi khususnya kepada generasi milenial agar memiliki pegangan dalam penyelenggaraan kehidupan sehari-hari. Kita menyasar generasi muda dengan berbagai cara," jelas Ma"ruf sambil menyebutkan beberapa cara itu antara lain menggelar lomba Debat Konstitusi, Academic Constitutional Drafting, Lomba Karya Ilmiah Sistem Ketatanegaraan.

"Dengan cara internalisasi nilai-nilai dan pemahaman konstitusi merupakan upaya ke depan untuk mencegah perbuatan korupsi. Ini bisa menjadi satu instrumen untuk meminimalisir bahkan menghilangkan sama sekali pikiran-pikiran di kalangan generasi muda untuk melakukan perilaku koruptif," imbuhnya.

Dalam talk show itu Ma"ruf sempat membacakan sebuah puisi yang mengingatkan pada nilai-nilai luhur bangsa. "... Ketaatan menjadi sebuah kesadaran. Kejujuran menjadi harga diri dan kehormatan. Itulah Indonesia yang sesungguhnya... " begitu penggalan puisi yang dibacakan terkait dengan antikorupsi.

Kepada para mahasiswa Ma"ruf berpesan untuk ikut bertanggungjawab merawat jati diri bangsa dan untuk meningkatkan kompetensi agar bisa memiliki daya saing dan mampu beradaptasi dengan perkembangan dan tuntutan global.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...