Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 17 Sep 2019 - 09:38:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Maju Capim MPR, Fadel Perjuangkan Penguatan DPD

tscom_news_photo_1568687920.jpeg
Anggota DPD terpilih Fadel Muhammad (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Anggota DPD terpilih Fadel Muhammad memutuskan maju sebagai calon pimpinan (capim) MPR RI periode 2019-2024. Dia berkomitmen memperjuangkan penguatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu menilai, DPR dan DPD sebagai unsur dari MPR perlu mengambil langkah untuk menjaga kesatuan dan persatuan dalam bingkai NKRI. Hal iti guna mengeliminasi gerakan radikal yang bertujuan mengganti ideologi Pancasila dan memerangi masalah korupsi terutama di daerah.

"Misalnya memberikan porsi peran serta DPD dalam transfer dana ke daerah," kata Fadel di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (17/9/2019).

Menurutnya, DPD memiliki peran penghubung antara pemerintah pusat dan daerah. Karenanya, para senator wajib mempelajari undang-undang yang berhubungan dengan daerah, seperti Perda.

Selain itu, menurut Fadel yang juga mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu, DPD RI perlu diberikan satu tugas yang berhubungan dengan investasi di daerah. Langkah itu, menurut dia, pernah dilakukan Ginandjar Kartasasmita ketika menjadi Ketua DPD RI, Pemda dipanggil dan dibuat penghargaan.

"Saat ini tidak ada sama sekali, DPD sudah seperti lumpuh, perlu penguatan. Apakah melalui perubahan UU dan kalau tidak bisa melalui perubahan UU maka dilakukan amandemen," ujarnya.(plt)

tag: #mpr  #dpd  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement