Meski PDIP Dukung Bamsoet, Fadel Tetap Temui Megawati

Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 03 Okt 2019 - 07:43:50 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1570063430.jpeg

Anggota DPD RI, Fadel Muhammad (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Calon pimpinan MPR dari unsur DPD, Fadel Muhammad akan tetap menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjelang pemilihan Ketua MPR. Di sisi lain, atas perintah Megawati PDIP telah menyatakan dukungan kepada Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari Fraksi Golkar MPR.

"Saya akan bertemu dengan Ibu Megawati, saya kenal baik dengan beliau. Saya akan konsultasi dengan beliau karena PDIP, partai pemenang pemilu," kata Fadel usai Rapat Pleno Kelompok DPD RI di MPR di Gedung Nusantara V, Jakarta, Rabu (2/9/2019) malam.

Dari pembicaraan yang sudah ada, kata dia, terdapat tiga kelompok yang akan memperebutkan kursi Ketua MPR, yaitu Golkar bersama PPP, PKB, dan NasDem.

Kedua, lanjut dia, Gerindra bergabung dengan PDIP, dan kelompok ketiga adalah Demokrat dan PAN.

"DPD nanti akan rapatkan, kita lihat, kalau kami bergabung, katakan tinggal dua kelompok saja. Kami bergabung ke mana? Kalau voting, kami akan menang. Maka, kami akan bicarakan secara internal dengan teman-teman DPD, kemudian kita akan menentukan sikap, apa sikap yang kita mau ambil," ujarnya.

Fadel berencana pada Kamis (3/10) pagi akan bertemu dengan pimpinan empat partai politik untuk membicarakan peluangnya menjadi Ketua MPR. Namun, tidak disebutkan parpol mana saja.

Ia akan menjajaki dengan tiga kelompok, mana yang berkomitmen untuk penguatan DPD RI ke depan karena selama ini DPD dilihat "sebelah mata".

"Untuk itu, dengan keberadaan saya di MPR, kami ingin membikin perubahan supaya ada kesetaraan antara DPD dan DPR," katanya.

Menurut dia, dalam forum lobi, dia akan menekankan bahwa DPD merupakan fraksi terbesar sehingga sudah sepantasnya perwakilan lembaga tersebut menjadi Ketua MPR RI.

Sebelumnya diberitakan, PDI-P menyatakan dukungan kepada Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari F-Golkar untuk mengisi kursi Ketua MPR periode 2019-2024. Dukungan itu diberikan atas arahan langsung dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR," kata Ketua F-PDIP MPR Ahmad Basarah kepada wartawan, Rabu (2/10/2019). (plt)

tag: #mpr  #dpd  #megawati-soekarnoputri  

Bagikan Berita ini :