Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 09 Okt 2019 - 13:49:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Tolak Perppu KPK, JK Dapat Dukungan PDIP

tscom_news_photo_1570603747.jpeg
Gedung KPK (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengapresiasi penolakan
Wakil Presiden Jusuf Kalla terhadap Perppu Revisi UU KPK.

“Ketegasan Pak JK di dalam menolak Perppu didukung oleh PDI Perjuangan. Sebab mekanisme konstitusional telah tersedia melalui Mahkamah Konstitusi sehingga jalan ke MK adalah jalan terbaik," kata Hasto dalam pesan singkatnya, Rabu (9/10/2019).

"Pak JK juga sangat memahami konstruksi hukum nasional dimana KPK merupakan bagian dari kekuasaan eksekutif dan bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia, dengan sifatnya yang independen. Sehingga proses penegakan hukum pemberantasan korupsi tidak bisa diintervensi pihak manapun," tambahnya.

Kepada para pihak yang mendorong lahirnya Perppu, kata dia, hendaknya memahami bahwa konsolidasi ideologi, politik, dan hukum memang wajib dilakukan guna mendukung efektivitas pemerintahan Presiden Jokowi pada periode kedua ini.

“Revisi UU KPK telah dilakukan dengan keputusan bulat oleh DPR bersama Pemerintah. Hal tersebut juga menunjukkan efektivitas dukungan 60,7% kekuatan parpol pengusung Pak Jokowi di parlemen. Atas dasar hal tersebut, Perppu bukanlah opsi politik. Presiden Jokowi tidak akan memperlemah basis utama pendukung beliau sendiri yang berasal dari rakyat melalui Pemilu," ucapnya.

PDI Perjuangan bersama koalisi akan terus membangun komunikasi politik dan memperkuat stabilitas politik, hukum, dan ekonomi.

“Terima kasih Pak JK atas keputusan yang tegas, tepat, dan mengakar pada tradisi tata pemerintahan yang baik dan konstitusional,” kata Hasto.(plt)

tag: #jusuf-kalla  #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement