Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 16 Okt 2019 - 15:40:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Bamsoet: Amandemen UUD 45 Tak akan Jadi Bola Liar

tscom_news_photo_1571215200.jpeg
Bambang Soesatyo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Ketua MPR Bambang Soesatyo menjamin bahwa rencana amendemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 tidak akan menjadi bola liar. Artinya, segala pembahasan akan dikomunikasikan kepada Presiden Jokowi.

"Saya jamin bahwa amendemen tidak akan menjadi bola liar. Karena kita semua sepakat tidak ada materi atau agenda politik dalam domain amandemen itu," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta,(16/10/2019).

Politikus Partai Golkar ini mengatakan, jika amendemen dilakukan, semata merupakan aspirasi dan pokok pikiran tentang pembangunan dan ekonomi bangsa. Bamsoet bilang, dirinya telah mengatakan pada Presiden bahwa MPR tak akan menjadikan kepala negara sebagai mandataris.

"Cukup ibu Megawati Soekarnoputri yang menjadi mandataris terakhir pada tahun 2002," jelasnya lagi.

Dia mengklaim Jokowi menyambut baik penjelasan ini. Menurut Bamsoet, ada pemahaman bersama untuk menampung aspirasi di tengah masyarakat. MPR melalui badan pengkajian juga sudah melakukan hal itu, terkait rencana amendemen.

Bamsoet menyatakan pihaknya akan sering berkoordinasi dengan Presiden terkait hal ini. Karena Jokowi merupakan stakeholder penting dalam tata kelola negara dan harus didengar pendapatnya terkait amendemen.

Adapun terkait Garis Besar Haluan Negara (GBHN), Bamsoet menyebut baik MPR dan Presiden tak dalam posisi setuju atau tidak. Namun kedua unsur telah menyelaraskan pikiran terkait penyerapan aspirasi. Begitu pula soal masa jabatan presiden yang diisukan akan diperpanjang.

"Tidak ada pembahasan masa perpanjangan jabatan. Jadi cukup 5 tahun dan 2 periode," tegas Bamsoet. (ahm)

tag: #bamsoet  #jokowi  #uud-45  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...