Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Kamis, 21 Mei 2015 - 16:44:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Muhammadiyah Minta Pemerintah Ambil Langkah Kemanusiaan Bagi Imigran Rohingya

78din_syamsuddin1.jpg
Din Syamsuddin (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin meminta pemerintah agar mengambil langkah kemanusiaan terhadap nasib pengungsi dan imigran dari Rohingya. Menurutnya, Indonesia memiliki kewajiban untuk menampung dan menyantuni pengungsi Rohingya dalam rangka mengakhiri penderitaan sesama manusia.

"Atas nama kemanusiaan. Inilah Pancasila, dan kalau pemerintah keberatan, nantinya masyarakat madani di Indonesia dapat bahu-membahu untuk membantu mereka," kata Din dalam sambutan pengantarnya saat membuka diskusi "Nestapa Kemanusiaan, Save Rohingya" di Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Menurut Din, penderitaan yang dihadapi masyarakat Rohingya sangat tragis. Mulai dari menjadi pelarian di negerinya sendiri, t‎erkatung-katung di laut, hingga menjadi orang yang tidak diterima di Indonesia dan Malaysia. Bahkan mereka mendapatkan cambukan sebagai hukuman bagi imigran gelap di Thailand.

Disampaikan Din, persoalan Imigran Rohingya yang mendarat dan mengungsi di Indonesia bukan baru terjadi.‎ Menurutnya, hal itu terjadi sejak etnisnya tidak diakui sebagai warga negara Myanmar dan di negaranya tersebut mereka mendapatkan tekanan politik.

"Kita melihat ASEAN tak berdaya memperjuangkan mereka. Juga lembaga-lembaga Internasional. Saya pernah berkirim surat ke SBY dulu waktu SBY menjadi pimpinan kelompok pemimpin ASEAN. Nah sekarang berganti giliran Malaysia. Bagaimana Malaysia ini mengambil langkah-langkah," ujarnya.

"Tapi herannya ini tidak menjadi pembicaraan serius. Makanya kita mendorong, kalau bisa mendesak pemerintah mengambil langkah-langkah kemanusiaan bagi masyarakat Rohingya yang sudah ada di halaman rumah kita." (iy)

tag: #muhammadiyah  #imigran rohingya  #rohingya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement