Oleh Jihan Nadia pada hari Senin, 25 Nov 2019 - 13:13:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Fraksi PDI-P ke Anies: Batalkan Pembangunan Hotel Bintang 5 di Kawasan TIM

tscom_news_photo_1574662427.jpg
Miniatur revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatalkanniat untuk membangun hotel bintang lima di area Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat.

Ketua Fraksi PDI-P Gembong Warsono mengatakan, sikap penolakan inimerupakan perintah langsung Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P.

"Khususnya yang menyangkut pembangunan hotel pasti kita akan tunduk kepada perintah DPP Partai yakni koordinasi dengan SKPD untuk mengurungkan niat Pemprov DKI membangun hotel bintang lima di area pelestarian budaya," ucap Gembong, Minggu (24/11/2019) malam.

Gembong menuturkan, TIM sedianya menjadi ruang untuk melestarikan budaya leluhur bangsa.

Maka, seharusnya revitalisasi yang dilakukan tidak boleh melenceng dari tujuan untuk melestarikan budaya apalagi hingga menjadi ladang bisnis.

"Revitalisasi yang dilakukan tidak boleh melenceng dari tujuan itu. Jangan ruang yang diperuntukkan bagi ketahanan budaya, tapi justru dimanfaatkan untuk area bisnis. Itu kan keluar dari konteks pelestarian budaya," terang dia.

Terkait sikap para seniman dan budayawan yang juga menolak pembangunan hotel bintang lima di TIM hingga memicu pertikaian dengan Deputi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Disparbud DKI Jakarta Dadang Solihin beberapa waktu lalu, Gembong menilai memang seniman tengah memperjuangkan hak mereka.

Menurut dia, pembangunan hotel itu sudah masuk ke ranah bisnis, padahal budaya tidak bisa dicampuradukkan dengan bisnis.

"Orientasinya sudah berbeda, bukan lagi melestarikan budaya tapi bicara untung rugi. Rasanya tidak pas saja seniman disuruh menginap di hotel bintang lima, seniman kan orang yang begitu bebas, enggak elok juga kalau penyediaan hotel bintang lima yang tarifnya pasti mahal untuk seniman," kata Gembong.

"Alasan Pak Anies untuk membangun hotel ini hanya kamuflase untuk menutup dari publik bahwa ada orientasi bisnis di sana," tambah Ketua Fraksi PDI-P dua periode ini.

Sebelumnya, sebuah video rekaman yang memperlihatkan Deputi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Disparbud DKI Jakarta Dadang Solihin tengah memarahi seniman di TIM ramai dibicarakan di media sosial.

Video itu diunggah pada Sabtu (23/11/2019) pukul 16.00 WIB dalam akun Facebook Humor Politik.

Dalam video itu, Dadang terlihat berdiri dari tempat duduknya sambil mengungkapkan, "Mau tidak diskusi? Mau tidak diskusi?" ujarnya.

Situasi memanas usai Dadang berkata demikian. Beberapa orang menunjukkan rasa tidak sukanya.

"Wah biasaajadong jangan galak-galak," seru beberapa orang dalam video rekaman tersebut. (Alf)

tag: #pdip  #dprd-dki  #pemprov-dki  #anies-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...