Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 28 Nov 2019 - 13:17:06 WIB
Bagikan Berita ini :

KY Serahkan 10 Nama Calon Hakim ke DPR

tscom_news_photo_1574921826.jpg
Komisi Yudisial (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Komisi Yudisial (KY) mengajukan sepuluh nama calon Hakim Agung hasil seleksi kepada DPR. Pengajuan itu dilakukan kepada Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis, (28/11/2019).

"Pagi ini, kami pimpinan DPR dan Pimpinan Komisi III, menggelar rapat konsultasi untuk menerima Ketua Komisi Yudisial dalam pengajuan calon hakim agung dan hakim ad hoc pada Mahkamah Agung,” kata dia.

Selanjutnya, lanjut Puan, proses uji kelayakan dan kepatutan akan dilakukan di Komisi III DPR selambat-lambatnya 30 hari setelah pertemuan ini.

“Selambatnya tanggal 5 Februari 2020, karena memang seperti itu aturannya,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari mengatakan, Komisi Yudisial diminta Mahkamah Agung mengisi 11 calon Hakim Agung, namun baru bisa mengisi enam. Ada pun kebutuhan Hakim ad hoc adalah tiga di Mahkamah Agung, dan enam Hakim ad hoc di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

“Kami berharap apa yang sudah dilakukan KY, DPR bisa menyetujui semuanya sehingga kekosongan Hakim Agung bisa terpenuhi,” jelas Aidul di lokasi yang sama.

Dari 75 calon Hakim Agung, masuk enam calon. Dari 50 calon yang mendaftar hakim ad hoc dua lolos, dan enam lolos hakim hubungan industrial.

Calon Hakim Agung tersebut adalah Soesilo, Dwi Sugiarto, Rahmi Mulyati, Busra, Brigjen TNI Sugeng Sutrisno, Sartono.

Calon Hakim Ad Hoc Tipikor pada Mahkamah Agung adalah Agus Yunianto dan Ansori. Sementara calon Hakim Ad Hoc Hubungan Industrial pada Mahkamah Agung adalah Willy Farianto dan Sugiyanto. (ahm)

tag: #komisi-yudisial  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Lainnya
Berita

Pernyataan Jokowi dan Mensesneg Berbeda Soal Reshufle, ProDEM Sebut Pemerintah Suka Bikin Prank

Oleh Givary Apriman
pada hari Jumat, 10 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden Joko Widodo kembali mengeluhkan kinerja para menteri di Kabinet Indonesia Maju dan hal tersebut kembali dipublikasi Istana.  Semprotan Presiden Jokowi ...
Berita

Kejagung Dimimta Segera Usut Tuntas Dugaan Korupsi APBD Kota Bekasi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Grasi) menggelar aksi di depan Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (9/7/2020). Koordinator lapangan Yusril ...