Oleh Jihan Nadia pada hari Minggu, 01 Des 2019 - 07:36:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Terima Prabowo, Erdogan Tegaskan Perhatian Turki ke Indonesia

tscom_news_photo_1575160563.jpg
Presiden Erdogan saat menerima Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di komplek kantor Kepresidenan Turki di Ankara, Kamis (28/11/2019) (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diterima Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Kamis (28/11/2019) kantor Kepresidenan Turki. Prabowo didampingi Duta Besar RI untuk Republik Turki. Sedang Erdogan didampingi Menhan Turki, Hulusi Akar dan Ketua Presidensi Industri Pertahanan, Ismail Demir. Pertemuan membahas kerja sama di bidang pertahanan.

"Menhan Prabowo menyampaikan salam dari Presiden Jokowi dan keinginan Indonesia untuk semakin memperkuat kerjasama pertahanan dan industri pertahanan yang sudah ada selama ini," ujar Duta Besar RI untuk Republik Turki Lalu Muhamad Iqbal dalam siaran pers, Sabtu (30/11/2019).

Iqbal menyebut pertemuan itu berlangsung hangat dan interaktif. Pada pertemuan itu Iqbal mengungkapkan Presiden Erdogan menegaskan kembali perhatian khusus Turki terhadap hubungannya dengan Indonesia, termasuk di bidang kerja sama pertahanan.

Pada keterangan tertulis tersebut Iqbal pertemuan itu berlangsung, "pada 27-29 November 2019." Namun akun resmi Kepresidenan Turki (Turkish Presidency) @trpresidency mengunggah foto pertemuan Prabowo-Erdogan pada 28 November 2019 pukul 23:34.

Menurut Iqbal, sebelum diterima Presiden Erdogan, Menhan Prabowo juga melakukan kunjungan resmi ke Menteri Pertahanan Turki, Hulsi Akar. Menhan Prabowo diterima dengan upacara kemiliteran saat datang di kantor Hulsi Akar.

Selain itu, Menhan Prabowo juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Ketua Presidensi Industri Pertahanan (SSB), Ismail Demir. SSB merupakan lembaga yang dipimpin langsung oleh Presiden Turki. SSB membawahi seluruh industri pertahanan Turki.

“Menhan mengharapkan agar perjanjian Pertahanan diantara kedua negara dapat segera dibahas dan ditandatangani," ujar Iqbal.

Tak hanya peningkatan kemampuan alutsista yang menjadi perhatian Menhan dalam pertemuan tersebut, namun pembahasan juga menyangkut kapasitas personil TNI mendapatkan perhatian.

"Karena itu, kerjasama di bidang pendidikan dan pelatihan akan mendapatkan porsi perhatian yang signifikan dan akan segera dimulai," katanya.

Selain melakukan pertemuan dengan Presiden dan pejabat tinggi di bidang pertahanan, Menhan Prabowo juga melakukan kunjungan lapangan ke Armada Utama Angkatan Laut Turki di Gölcük, Kocaeli pada Rabu, 27 November 2019. Prabowo diterima langsung oleh Komandan Armada Utama, Laksamana Ercument Tatlioglu.

"Menhan berkesempatan meninjau langsung kapal perang kelas Corvet terbaru produksi Turki, TCG Kinaliada," ujarnya

Iqbal mengatakan, Indonesia dan Turki memiliki kerja sama yang kuat di bidang pertahanan. Kedua negara sudah memiliki MoU tentang Kerjasama Industri Pertahanan sejak 2010 dan akan diperluas melalui MoU Kerja sama Pertahanan. Rencananya, MoU dapat ditandatangani pada tahun 2020.

"Indonesia-Turki juga sudah berhasil mengembangkan bersama tank kelas menengah (medium tank) dengan teknologi terbaru. Tank tersebut diharapkan sudah akan mulai diproduksi bersama pada tahun 2020," ujar dia.(dbs)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...