Oleh Jihan Nadia pada hari Minggu, 01 Des 2019 - 08:31:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Bimbang? Mendikbud Tegaskan UN Masih Dilaksanakan pada 2020

tscom_news_photo_1575163878.jpg
Mendikbud Nadiem Makarim (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Setelah sempat mewacanakan menghapus Ujian Nasional (UN) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan UN masih tetap diselenggarakan pada 2020 mendatang. Mengapa Nadiem bimbang dan ragu menghapus UN?

"Kami masih mengkaji (mengenai penghapusan UN). Namun pada 2020, UN masih tetap jalan. Itu sudah diumumkan," ujar Nadiem di Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Dia menjelaskan wacana penghapusan UN muncul karena banyak sekali aspirasi dari masyarakat, guru, murid, orang tua mengenai UN. Mereka, lanjut dia, sebenarnya tak juga ingin UN dihapuskan tetapi menyoroti sisi negatif dari UN itu sendiri.

"Mereka lebih ingin menghindari hal-hal yang negatif dari UN, misalnya dari sisi stres, menghukum siswa yang satu bidang kurang kuat. Jadi ini prinsipnya bukan menghapus, tapi memperbaiki esensi dari UN itu, apa untuk menilai prestasi murid atau sistem, " kata dia.

Sebelumnya, beredar wacana mengenai penghapusan UN oleh Mendikbud Nadiem Makarim. Hal serupa sebenarnya sudah diinisiasi oleh Mendikbud sebelumnya yakni Muhadjir Effendy, namun mendapat banyak pertentangan dari sejumlah kalangan.

Pada awal 2019, Kemendikbud telah menyiapkan Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI), sebagai sistem penilaian untuk pemetaan kualitas pendidikan pengganti Ujian Nasional (UN). AKSI tersebut mirip dengan sistem penilaian internasional yakni Programme for International Students Assessment (PISA).(ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...