Oleh Ahmad Syaikh pada hari Senin, 09 Des 2019 - 09:37:52 WIB
Bagikan Berita ini :

BI: Defisit Transaksi Berjalan Tahun Ini Hanya 2,7 Persen

tscom_news_photo_1575859072.jpg
Gedung BI (Sumber foto : Istimewa)

MANGGARAI BARAT (TEROPONGSENAYAN) -- Bank Indonesia (BI) memperkirakan defisit transaksi berjalan tahun ini akan menurun menjadi 2,7 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) dibanding pada 2018 yang sebesar 2,93 persen PDB.

"Kami melihat akan lebih baik di 2019 dengan current account deficit/CAD (defisit transaksi berjalan) di 2,7 persen PDB," kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter BI Endy Dwi Tjahjono seperti dikutip Antara, Senin (9/12/2019).

Penurunan defisit transaksi berjalan ini tidak lepas dari catatan surplus Neraca Perdagangan di bulan pertama pada kuartal IV 2019 atau Oktober 2019 yang sebesar 161,3 juta dolar AS.

BI juga memperkirakan pada November 2019, akan timbul pengungkit untuk impor khususnya barang konsumsi karena persiapan masyarakat menjelang Liburan Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, mengenai pertumbuhan ekonomi, BI memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 5,1 persen (year on year/yoy) pada 2019.

Angka pertumbuhan juga dikatakan Endy akan membaik pada kuartal IV 2019, karena stimulus dari realisasi belanja pemerintah di akhir tahun dan perbaikan kinerja ekspor. Selain itu tren konsumsi tinggi masyarakat pada liburan Natal dan Tahun Baru juga akan turut menggenjot pertumbuhan.

"Kontribusi fiskal itu biasanya pada akhir tahun, anggaran keluar semua. Jadi akan terjadi lonjakan di pengeluaran pemerintah. Dan liburan Natal dan Tahun Baru akan dongkrak ekonomi," jelasnya.

Adapun indikator makro ekonomi lainnya, BI memperkirakan inflasi 2019 akan sebesar 3,1 persen (yoy), pertumbuhan kredit delapan persen (yoy) atau menurun dibanding 2018 yang sebesar 12,1 persen (yoy) dan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang sebesar delapan persen. (ahm)

tag: #bank-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Teropong Public Relation Award 2020
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Bisnis

Legislator PKS Minta Pemerintah Berikan Kebijakan Tambahan Untuk UMKM

Oleh Alfin Pulungan
pada hari Jumat, 23 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota Komisi Keuangan (Komisi XI DPR), Anis Byarwati, menilai realisasi program stimulus penanganan ekonomi saat pandemi COVID-19 yang terangkum dalam Program Pemulihan ...
Bisnis

Hari Santri 2020, LPDB-KUMKM Gandeng Santri dalam Upaya Pendampingan Dana Bergulir

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Upaya menindaklanjuti atas dikeluarkannya Peraturan Menteri Koperasi dan UKM (Permenkop) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penyaluran Pinjaman atau Pembiayaan Dana Bergulir ...