Oleh Ahmad Syaikh pada hari Jumat, 20 Des 2019 - 15:51:17 WIB
Bagikan Berita ini :
Sukamiskin Direnovasi

Ombudsman: Sel Setnov dan Nazaruddin Masih Tergolong Mewah

tscom_news_photo_1576831877.jpg
Lapas Sukamiskin (Sumber foto : Istimewa)

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN) -- Ombudsman Republik Indonesia menyatakan kamar milik Setya Novanto dan Nazaruddin terbilang cukup mewah sebagai kamar Lembaga Permasyarakatan Sukamskin.

Padahal, beberapa waktu lalu Lapas Sukamiskin sudah mengalami sejumlah perombakan, dan kamar-kamar di sana sudah mengalami perubahan.

Meski telah dirombak, kamar keduanya masih terbilang cukup mewahlantaran masih terdapat beberapa fasilitas yang melengkapi.

“Kan kesannya begini, kamar ini ada yang untouchables. Nah ketika itu terjadi, bagaimana pengawasan dari pihak lapas atau pihak inspektur yang mengawasi hari-hari di sini," kata Komisioner Ombudsman, Adrianus Meliala, Jumat (20/12/2019).

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Liberti Sitinjak membantah temuan tersebut, menurutnya pihak Kemenkumham akan kembali melakukan asesmen untuk menentukan penempatan sel para napi.

"Perlu saya jelaskan untuk mulai terjadi rehab ini Oktober tidak ada lagi yang namanya kamar Setnov, tidak ada lagi yang namanya kamar Nazaruddin nanti kita akan data ulang karena juga tidak ada jaminan dia harus di situ bergantung pada hasil asesmen," ujarnya.

Mengenai luas kamar, menurut Liberty perombakan tersebut perlu adanya koordinasi dengan instansi cagar budaya. Sebab, kata dia, Lapas Sukamiskin adalah salah satu bangunan bersejarah di Bandung.

"Kita masih menunggu dari cagar budaya yang sampai sekarang masih belum menjawab bagaimana kita harus melakukan tindak lanjut," jelasnya.

Untuk sementara waktu menurutnya bisa saja tiga kamari tersebut dikosongkan. Karena ia menyebut masih banyak sel yang tersedia untuk para narapidana. (ahm)

tag: #ombudsman  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...