TSPartai
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 25 Mei 2015 - 11:35:22 WIB
Bagikan Berita ini :
Kisruh PPP

Kubu Romy Mulai Buka Peluang Islah

82ppp.jpg
PPP (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pilkada serentak yang akan digelar tahun ini, ternyata masih menyisakan persoalan tersendiri bagi parpol yang akan ikut bertarung nanti.

Pasalnya, ada beberapa parpol yang masih belum melakukan proses konsolidasi di internal partainya karena adanya dualisme kepemimpinan. Misalnya di tubu Golkar dan PPP.

Namun kini upaya islah di kedua partai tersebut mulai bermunculan. Pasalnya, sesuai peraturan KPU, parpol yang belum menyelesaikan sengketa di internalnya terancam tidak bisa mengikuti pilkada.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pencalonan mengatur agar partai yang berkonflik untuk menunggu putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

Padahal, untuk inkracht dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain itu, dikhawatirkan Mahkamah Agung tidak juga mengeluarkan putusan inkracht sampai pendaftaran calon kepala daerah hingga 26-28 Juli.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal PPP hasil Muktamar Surabaya, Aunur Rofiq mengatakan hingga batas waktu tersebut kubunya tetap membuka lebar pintu islah.

Selain itu, lanjut dia, berbagai upaya pertemuan untuk ishlah masih terus diupayakan. Meskipun untuk mencapai upaya islah ada beberapa keadaan yang harus dipatuhi kedua belah pihak.

"Dalam masa demokrasi ini, islah harus berdasarkan yang mendapat pengesahan dari pemerintahan. Juga pendukung yang lebih sedikit merapat ke pendukung yang lebih banyak," kata dia saat dihubungi di Jakarta, Senin (25/05/2015).

Menurutnya, islah adalah satu-satunya jalan untuk membesarkan partai berlambang Ka'bah itu. Namun, lanjut dia, kalau kedua belah pihak sama-sama ngotot untuk menjadi ketua umum, rekonsiliasi akan sulit tercapai.

"Kalau seperti itu tidak akan ketemu," imbuh dia. (iy)

tag: #PPP  #kisruh ppp  #islah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSPartai Lainnya
TSPartai

HUT Ke-52, DPP Golkar Santuni 1964 Anak Yatim

Oleh Sahlan
pada hari Kamis, 20 Okt 2016
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Memperingati HUT-nya ke 52, DPP Partai Golkar memberikan santunan kepada 1964 anak yatim. Acara ini dilaksanakan di kantor DPP, jalan Anggrek Nelli Murni, Jakarta Barat, ...
TSPartai

Roy Bilang Demokrat Bersyukur Kehilangan Ruhut Si "Berlian KW"

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan, pihaknya sangat senang jika benar Ruhut Sitompul bakal mundur sebagai anggota DPR.Terlebih, kata Roy, Komisi ...