Bisnis

BI Kembangkan Kluster Bawang Putih

Oleh Tommy P pada hari Jumat, 07 Feb 2020 - 08:49:51 WIB

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1581040191.jpg

(Sumber foto : istimewa)

BANYUMAS (TEROPONGSENAYAN)- Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Erwin Rijanto mengatakan, BI  mencoba membuat klaster bawang putih dan jika berhasil akan direplikasikan di tempat lain.

"Kita sudah punya klasternya di Lhokseumawe, kemudian di sini ada juga di Banjarnegara. Kita kembangkan itu, jadi kita datangkan ahlinya itu dari IPB (Institut Pertanian Bogor), bagaimana cara bertani supaya mendapatkan bawang yang besar-besar," kata dia di Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (6/2).

Dia mengakui ukuran bawang putih lokal kalah dengan bawang putih yang diimpor dari China. Akan tetapi dari rasa, kata dia, berdasarkan pengakuan masyarakat, bawang putih lokal jauh lebih enak karena sedikit saja sudah berasa enak.

"Nah, sekarang ini yang sedang dikembangkan bagaimana caranya agar besarnya bawang putih lokal tetap sama dengan bawang putih China, bahkan kalau bisa lebih besar dengan rasa yang khas seperti yang di Indonesia itu," katanya.

Menurut dia, saat sekarang merupakan momentum bagus untuk mengembangkan bawang putih lokal namun semua itu butuh waktu. "Jadi, ini kita usahakan kecil dulu ya supaya transfer-transfer itu bisa berhasil. Nanti kalau berhasil, akan kita replikasikan ke tempat yang lain,"  kata dia.

tag: #  
Advertisement

Bagikan Berita ini :

Aplikasi TeropongSenayan.com

Advertisement

JakOne Samsat

Advertisement