Oleh Rihad pada hari Thursday, 05 Mar 2020 - 12:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Bahkan Warga Arab Sendiri Dilarang Umrah

tscom_news_photo_1583383006.jpg
Umat Islam di Mekkah (Sumber foto : Pixabay)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sebuah keputusan berani telah dikeluarkan oleh kerajaan Arab Saudi yang melarang warga negaranya untuk umroh. Keputusan ini ini bertujuan untuk mengurangi kontak warga negara lain yang mungkin membawa virus COVID-19.

Kantor Berita SPA melaporkan adanya dua warga negara Arab Saudi yang meninggal akibat Corona. Salah satu diantaranya baru kembali dari Iran, tempat yang melaporkan paling banyak kematian akibat COVID -19, di luar China.

"Berdasarkan rekomendasi komite yang ditunjuk untuk mengawasi virus corona ... pihaknya memutuskan untuk menunda umrah bagi warga dan penduduk di kerajaan tersebut," kata SPA, mengutip sumber di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Teropong Juga:

Anggota DPR Ini Geram Atas Larangan Umrah oleh Arab Saudi

Dr. Sami Angawi, pakar Arab Saudi mengatakan kejadian ini tidak pernah terjadi sebelumnya dalam 1.400 tahun sejarah Islam. Ia menyebut langkah itu "keputusan yang bijak dan berani ... untuk melindungi jantung dunia umat Muslim."

Warga dan penduduk Arab Saudi masih dapat mengunjungi Mekah dan Madinah dan shalat di sana, asalkan mereka tidak pergi untuk tujuan umrah, kata wakil menteri haji Abdulfattah Mashat kepada stasiun TV Al Arabiya pada Rabu (4/3/2020). "Mekah masih terbuka bagi pengunjung dari seluruh kerajaan tersebut. Keputusan penundaan hanya untuk ibadah umrah," katanya.

Arab Saudi juga melarang wisatawan dari sedikitnya 25 negara, yang melaporkan kasus COVID-19.

Sementara itu per tanggal 1 Maret jemaah umrah Indonesia di Saudi masih ada 18.000 orang. Hal ini dikatakan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar Ali di kantor Kemenag, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Nizar mengungkapkan, terdapat 13.000 lebih dari total 32.620 jemaah umrah, telah kembali ke Tanah Air sejak Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan penangguhan visa.

tag: #corona  #arab-saudi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement