Oleh Rihad pada hari Jumat, 06 Mar 2020 - 08:38:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Polisi Periksa 30 Tersangka Penimbunan Dari 7 Provinsi

tscom_news_photo_1583458706.jpg
Ilustrasi tumpukan masker (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Berdasarkan pengecekan petugas, terbukti bahwa aksi penimbunan masker dan sanitizer terjadi di berbagai wilayah. Bukan hanya di wilayah Jakarta, aksi penimbunan juga terjadi di berbagai daerah. Puluhan orang telah menjadi tersangka dalam kasus ini.

Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkan seluruh anggota Bareskrim untuk mengecek langsung ke distributor, agen, maupun produsen di seluruh wilayah Indonesia terkait isu kelangkaan produk masker dan hand sanitizer.

Teropong Juga:

Waspada, Beredar Masker Tidak Sesuai Standar

Menurut Listyo, saat ini l 17 kasus sedang diselidiki oleh Bareskrim, terkait dengan upaya penimbunan. Sebanyak 30 tersangka yang merupakan distributor sedang dalam proses pemeriksaan.

Ada 822 kasus untuk 61.550 lembar masker dan 138 kardus hand sanitizer yang saat ini sedang diamankan Bareskrim. Kasus penimbunan tersebut terjadi di 17 wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Selain itu, Polri juga tengah menangani empat kasus hoaks yang sedang diproses dan satu kasus hoaks sedang diselidiki terkait penyebaran isu-isu atau informasi yang tidak sesuai fakta di lapangan yang mengakibatkan keresahan dan kepanikan di masyarakat.

“Sejauh ini, kasus tersebut akan kami proses hukum secara individu. Namun, dalam perkembangannya tidak menutup kemungkinan juga berkembang jadi korporasi,” jelas Listyo.

Kabareskrim bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan untuk memastikan pasokan kebutuhan masyarakat. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan akan menindak tegas pelaku bisnis yang memanfaatkan peluang menimbun barang kebutuhan pokok dan produk kesehatan. Tindakan itu dimulai dari peringatan hingga sanksi tegas sesuai undang-undang yang berlaku.

tag: #masker  #penimbun  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Penunda Pilkada Perlu Pertimbangan Secara Matang

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 22 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi II DPR RI Bambang Patijaya menilai penundaan Pilkada 2020 bukan perkara mudah, diperlukan pertimbangan secara matang dari berbagai aspek. "Kita ...
Berita

Wasekjen Demokrat: Resesi Akibat Salah Kebijakan Jokowi Soal Pandemi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Indonesia resmi memasuki resesi, karena itu perlu solusi kongkrit yang harus dilakukan pemerintah, bukan hanya pragmatis. Demikian disampaikan Wasekjen Partai Demokrat ...