Oleh La Aswan pada hari Jumat, 18 Jun 2021 - 18:32:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Vaksinolog dan Dokter Spesialis Ini Menilai Masker Kain Kurang Melindungi Paparan Covid-19

tscom_news_photo_1624015936.jpg
Ilustrasi (masker) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Vaksinolog dan dokter spesialis penyakit dalam dr Dirga Sakti Rambe mengatakan, penggunaan masker kain tiga lapis saat ini tidak disarankan.

Hal ini dikarenakan masker kain dinilai kurang melindungi seseorang dari paparan virus Covid-19.

Masker terbaik, menurut Dirga adalah masker medis karena terbukti efektif mencegah penularan virus jika digunakan dengan tepat.

"Masker kain sudah tidak dianjurkan, lagipula masker bedah sudah banyak tersedia dan harganya terjangkau, gunakan hanya masker berkualitas," kata Dirga dalam sebuah acara webinar kesehatan, Jumat (18/6/2021).

Penggunaan masker kain diperbolehkan, kata Dirga, apabila dilapisi dengan masker bedah agar bisa lebih terlindung.

Idealnya, menurut Dirga, masker medis digunakan hanya selama enam jam. Setelah itu, sebaiknya diganti dengan masker yang baru.

"Saya menyarankan untuk mengganti masker maksimal 6 jam, atau ganti segera setelah masker sudah basah atau kotor," kata dia.

Oleh karena itu, Dirga menegaskan agar warga benar-benar memperhatikan masker yang digunakannya. Karena penggunaan masker sangat penting dalam mencegah penularan Covid-19.

Cara melepas dan membuang masker

Dirga juga mengingatkan masyarakat agar tidak sembarangan dalam melepas dan membuang masker.

Melepas dan membuang masker harus dilakukan secara benar yakni dengan melepas tali elastis dari telinga, jauhkan masker dari pakaian dan wajah untuk menghindari permukaan masker yang bisa saja terkontaminasi.

Kemudian buang masker di tempat sampah. Bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir atau cairan pembersih berbahan alkohol.

Ia pun mengimbau agar masyarakat berhati-hati saat membuka masker di tempat umum. Pastikan membuka masker hanya untuk alasan penting seperti makan dan minum.

tag: #masker  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...