Oleh windarto pada hari Rabu, 18 Mar 2020 - 17:58:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Cegah Covid-19, Pasar Induk Kramat Jati disemprotkan Cairan Desinfektan

tscom_news_photo_1584529088.jpg
(Sumber foto : dok: Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Manajemen Pasar Induk Kramat Jati melakukan penyemprotan cairan disinfektan disejumlah area Komplek Pasar Induk Kramat Jati, pada Selasa (17/3/2020). Penyemprotan dilakukan dalam rangka pencegahan wabah virus corona atau yang lebih dikenal dengan istilah (Covid-19).

Didahului apel yang diikuti oleh 110 personel gabungan, penyemprotan dilakukan bersama-sama dengan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kramat Jati yang terdiri dari Danramil, Kapolsek, Damkar dan Suku Dinas Kebersihan Kramat Jati. Adapun area yang disemprot adalah Masjid Jami Al-Munawaroh Pasar Induk, Jak Grosir Pasar Induk dan lokasi Pembelanjaan Pasar Induk Kramat Jati.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan kegiatan penyemprotan desinfektan merupakan salah satu upaya yang dilakukan Perumda Pasar Jaya untuk melakukan pencegahan wabah virus corona di lingkungan pasar. Kegiatan pencegahan tersebut penting dilakukan karena pasar merupakan sentra ekonomi yang setiap harinya tidak pernah putus dari aktivitas jual beli masyarakat.

Adapun hal yang menjadi fokus Pasar Jaya yaitu dilakukannya Perencanaan kelangsungan bisnis atau Business Continuity Planning (BCP). Hal ini dilakukan untuk sebagai salah satu upaya untuk mengurangi dampak yang bisa terjadi imbas penyebaran virus corona. Termasuk didalamnya pola pengaturan kerja dan aktivitas di dalam pasar itu sendiri.

Terkait hal tersebut, sejumlah kepala divisi, manager dan kepala pasar juga telah diimbau untuk melakukan pembatasan berupa jalur akses pintu masuk ke dalam pasar sebagai upaya pencegahan. Di setiap pintu masuk yang sudah diputuskan menjadi pintu utama akan terdapat petugas keamanan yang melakukan pengecekan suhu tubuh dengan thermal gun. Jika ditemukan masyarakat bersuhu tubuh di atas 38 derajat celcius maka para manajer dan kepala pasar agar memberikan masker secara gratis dan membawanya langsung ke ruangan khusus yang saat ini tengah disiapkan.

Manager atau kepala pasar lalu akan menelpon nomor layanan darurat tanggap corona dari Pemprov DKI untuk langsung diberikan penanganan oleh petugas dari dinas kesehatan terdekat. Selain itu di setiap pintu masuk pasar akan disiapkan hand sanitizer bagi pengunjung dan pedagang. Pasar Jaya juga meminta agar pedagang dan masyarakat yang dalam kondisi sakit agar selalu menggunakan masker ketika berada di dalam area pasar. Sedangkan bagi mereka yang tidak sakit diimbau tidak perlu menggunakan masker.

“Pedagang dan pengelola pasar diimbau untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih berbagai kuman penyakit bisa dihentikan penyebarannya,” tandasnya.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...