Oleh Alfin pada hari Kamis, 19 Mar 2020 - 11:52:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Minta Ekspor Masker dan Alat Kesehatan Disetop

tscom_news_photo_1584593525.jpg
Presiden Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sejauh ini pemerintah telah mengupayakan proteksi terhadap masyarakat agar terhindar dari tularan novel coronavirus (Covid-19). Himbauan Work From Home atau bekerja dari rumah dan menjaga jarak dengan orang lain adalah bagian dari langkah pencegahan itu.

Namun, meski kebijakan itu telah dilakukan, tenaga medis hingga saat ini adalah kalangan yang paling rentan terpapar Covid-19 karena kerap bersinggungan dengan para pasien corona. Tak heran jika belakangan ini telah banyak suara untuk tak mengabaikan perjuangan mereka merawat puluhan hingga ratusan paisen, mulai dari yang suspek hingga positif mengidap Covid-19.

Menyikapi itu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meminta jajarannya agar turut diberikan perlindungan optimal bagi seluruh tenaga medis yang berjibaku melayani pasien terinfeksi virus corona.

"Saya ingin perlindungan maksimal kepada para dokter, tenaga medis, dan jajaran di rumah sakit yang melayani pasien yang terinfeksi COVID-19," ujar Presiden dalam arahan di Rapat Terbatas Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19, melalui video conference, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Tenaga medis yang bertugas merawat pasien, kata Jokowi, harus dipastikan ketersediaan alat pelindung diri (APD) dan perangkat lain penunjang mereka bekerja. Presiden menekankan APD penting karena para tenaga medis tersebut berada di garda terdepan dalam penanganan wabah COVID-19.

Tak hanya memberikan upaya proteksi, Presiden Jokowi juga meminta Kementerian Keuangan memberikan insentif bagi para dokter, perawat dan jajaran rumah sakit yang bergerak dalam penanggulangan virus corona. Hal lain yang tak boleh diabaikan, kata Jokowi, adalah persediaan masker dan penyanitasi tangan.

Lebih jauh lagi, Presiden Jokowi juga meminta agar ekspor masker dan alat kesehatan disetop sementara dan memastikan stok dalam negeri cukup. (Allan)

tag: #corona  #masker  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

BPIP: Masyarakat Pancasila Adalah Masyarakat Pembelajar

Oleh Alfin Pulungan
pada hari Senin, 28 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Hariyono menyebut masyarakat Pancasila merupakan masyarakat pembelajar yang memiliki semangat untuk terus ...
Berita

Anggap Biosecurity Indonesia Lemah, FPKS Sebut Penanganan Covid-19 Amburadul

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS Sukamta menyebut penanganan COVID-19 amburadul jadi bukti biosecurity Indonesia lemah. Maka dari itu untuk menambal kelemahan ini ...