Oleh Alfin Pulungan pada hari Kamis, 19 Mar 2020 - 12:09:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Berjibaku Melawan Corona, Sudah Adakah Perlindungan Bagi Kalangan Medis?

tscom_news_photo_1584594571.jpeg
Petugas Medis merawat pasien COVID-19 (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Sejauh ini pemerintah telah mengupayakan proteksi terhadap masyarakat agar terhindar dari tularan novel coronavirus (Covid-19). Himbauan Work From Home atau bekerja dari rumah dan menjaga jarak dengan orang lain adalah bagian dari langkah pencegahan itu.

Namun, meski kebijakan itu telah dilakukan, tenaga medis masih menjadikalangan yang paling rentan terpapar COVID-19 karena kerap bersinggungan dengan para pasien corona. Tak heran jika belakangan ini telah banyak suara untuk tak mengabaikan perjuangan mereka merawat puluhan hingga ratusan paisen, mulai dari yang suspek hingga positif mengidap COVID-19.

Menyikapi itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meminta jajarannya agar turut diberikan perlindungan optimal bagi seluruh tenaga medis yang berjibaku melayani pasien terinfeksi virus corona.

"Saya ingin perlindungan maksimal kepada para dokter, tenaga medis, dan jajaran di rumah sakit yang melayani pasien yang terinfeksi COVID-19," ujar Presiden dalam arahan di Rapat Terbatas Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19, melalui video conference, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Tenaga medis yang bertugas merawat pasien, kata Jokowi, harus dipastikan ketersediaan alat pelindung diri (APD) dan perangkat lain penunjang mereka bekerja. Presiden menekankan APD penting karena para tenaga medis tersebut berada di garda terdepan dalam penanganan wabah COVID-19.

Tak hanya memberikan upaya proteksi, Presiden Jokowi juga meminta Kementerian Keuangan memberikan insentif bagi para dokter, perawat dan jajaran rumah sakit yang bergerak dalam penanggulangan virus corona. Hal lain yang tak boleh diabaikan, kata Jokowi, adalah persediaan masker dan penyanitasi tangan.

Lebih jauh lagi, Presiden Jokowi juga meminta agar ekspor masker dan alat kesehatan disetop sementara dan memastikan stok dalam negeri cukup.

tag: #corona  #petugas-medis  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...