Oleh Aries Kelana pada hari Minggu, 22 Mar 2020 - 09:30:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Satu Lagi Alat Tes Corona Yang Disetujui FDA

tscom_news_photo_1584844206.jpg
Pemeriksaan sampel darah (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) terus bergerak cepat. Mereka terus menerima tawaran tes virus Coronadari sejumlah perusahaan farmasi.

Setelah alat buatan Roche Pharmaceutical direstui, FDA gilirannya merestui alat diagnostik Corona dari perusahaan diagnostik molekuler yang berbasis di California, Cepheid.

Dalam pernyataannya yang dikutip reuters.com (22/3/2020), Cepheid menjelaskan bahwa pihaknya telah mendapat lampu hijau dari FDA penggunaan secara darurat di umah sakit dan ruang gawat darurat. “Perusahaan berencana untuk mulai mengirimnya ke rumah sakit minggu depan,” bunyi pernyataan Cepheid.

Alat diagnosatik buatan Cepheid diklaim bisa memberikan hasil diagnosa 45 menit setelah pengambilan sampel. Ini berbeda dengan pemeriksaan konvensional, dimana sampel harus dikirim ke laboratorium terpusat, dan hasilnya bisa memakan waktu berhari-hari.

Selain itu, menurut Presiden Cepheid, Warren Kocmond, tidak perlu pelatihan khusus buat tenaga medis yang menggunakan alat ini.

"Dengan alat-alat baru seperti diagnosa di tempat perawatan, kami bergerak ke fase pengujian baru, di mana tes akan jauh lebih mudah diakses oleh orang Amerika yang membutuhkannya," kata Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar.

Sejumlah ahli mengritisi ketersediaan alat diagnosa yang sangat terbatas. Padahal ini berisiko. Banyak ahli medis meramalkan bahwa pengujian yang tertunda dan kacau akan menghabiskan banyak nyawa, termasuk dokter dan perawat.

tag: #petugas-medis  #corona  #amerika-serikat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Lainnya
Berita

COVID 19 di DKI: Kasus Sembuh 26 Persen, Kematian Hanya 7 Persen

Oleh Rihad
pada hari Friday, 29 Mei 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Berdasarkan data dari Pemprov DKI untuk kasus positif COVID-19 hingga Jumat (29/5) adalah 7.053 orang (hari sebelumnya 6.929 orang), sedangkan pasien sembuh sebanyak 1.807 ...
Berita

Abu Janda Akhirnya di Polisikan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Permadi Arya alias Abu Janda diperiksa Bareskrim Mabes Polri sebagai saksi terkait kasus dugaan ujaran kebencian di media sosial. Hal itu dikatakan Kabag Penum Polri ...