Oleh Ghivari Apriman pada hari Kamis, 26 Mar 2020 - 21:07:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Golkar Minta Pemerintah Tolak Bantuan World Bank Untuk Penanganan Virus Corona

tscom_news_photo_1585231645.jpg
M. Misbakhun Politikus Golkar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Politisi Golkar M Misbakhun meminta pemerintah mengambil tindakan untuk menolak bantuan dari World Bank ataupin IMF untuk penanganan wabah virus corona.

Ia mengatakan Indonesia masih cukup memiliki dana untuk menangani wabah virus corona.

"Saya minta Pemerintah jangan memakai bantuan IMF dan World Bank untuk menanggulangi virus corona," ujar Misbakhun, ketika dihubungi, Kamis (26/03/2020).

Anggota Komisi XI DPR RI tersebut menyampaikan kalau dana yang dimiliki Indonesia masih cukup tanpa harus berutang pada IMF dan World Bank.

Ia memaparkan dana dari pungutan bea ekspor sawit di Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), dana lingkungan hidup di Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), Dana Riset Perguruan Tinggi, serta dana dari Surat Utang Negara (SUN).

"Selain itu masih ada juga dana APBN yang ada BA99 yang selama ini dikelola oleh menteri keuangan," paparnya.

Misbakhun menilai bila Indonesia menolak hutang kepada IMF dan World Bank akan menjadi keuntungan tersendiri untuk negara.

"Supaya kita tidak terjebak pada bantuan IMF dan World Bank yang sering mengikat pada kebijakan dan policy ekonomi dan politik Indonesia di masa depan," ujarnya.

Misbakhun menghimbau pemerintah untuk tidak menerbitkan global bond saat pasar sedang terimbas wabah virus corona untuk mengatasi kebutuhan belanja negara.

"Penerbitan global bond pada masa-masa seperti ini akan menjadi kesempatan bagi fund manager asing untuk memeras institusi negara yang sedang membutuhkan uang untuk likuiditas jangka pendek dalam rangka mengatasi kebutuhan belanja negara yang mendesak," kata dia. (Bng)

tag: #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement