Oleh Aries Kelana pada hari Kamis, 02 Apr 2020 - 17:10:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Otak Di Balik Penabrakan WTC Dibebaskan Dari Hukuman Mati

tscom_news_photo_1585822255.jpg
Peristiwa WTC 2002 di New York (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Masih ingat peristiwa penabrakan Gedung World Trade Center (WTC) Kembar di New York 2001? Salah satu dari mereka adalah Mohammad Atta. Atta mendapatkan imbalan US$100.000 untuk melakukan aksi bunuh dirinya yang menggemparkan dunia itu.

Namun siapa penyandang dananya? Ia adalah Ahmed Omar Saeed Sheikh, yang dituduh sebagai otak serangan 11 September 2001. Ternyata pelaku terorisme itujuga divonis terlihat dalam aksi penculikan dan pembunuhan wartawan Wall Street Journal pada tahun ini itu yang bernama Daniel Pearl.

Pearl terbunuh ketika sedang melakukan investigasi militan Islam yang berada di Karachi usai peristiwa di WTC tersebut.

Pada persidangan yang berlangsung 2002, pengadilan tinggi Pakistan menjatuhkan hukuman mati kepada Seikh. Namun, ironisnya, setelah menjalani penjara selama 18 tahun itu, pengadilan Karachi mengubahnya dengan hukuman 7 tahun.

"Tuduhan pembunuhan tidak terbukti, jadi dia telah memberikan tujuh tahun untuk penculikan itu,"

Khawaja Naveed, kata anggota tim pengacara Seikh, pada Kamis (2/4/2020). Surat pembebasannya akan keluar dalam beberapa hari ini.

Sebenarnya ada tiga tersangka lain yang dijatuhi hukuman penjara. Tetapi pengadilan memutuskan tidak ada bukti mereka terlibat, sehingga dibebaskan.

Khalid Sheikh Mohammad, yang juga dituduh sebagai otak serangan 11 September, juga dituduh terlibat dalam pembunuhan Pearl. Dia dikabarkan akan juga akan dibebaskan. "Jika perintah pengandilan itu keluar, kami mungkin akan mengajukan banding," Faiz Shah, jaksa penuntut umum.

Dia ditangkap di India pada 1990-an karena keterlibatannya dalam penculikan turis barat pada 1994 untuk mendukung separatis Muslim yang memerangi pasukan keamanan India di wilayah Kashmir yang disengketakan.

tag: #amerika-serikat  #terorisme  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...