Oleh Aries Kelana pada hari Kamis, 02 Apr 2020 - 18:29:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Buntut Kasus COVID-19 Pada Hewan, Cina Larang Makan Daging Anjing dan Kucing

tscom_news_photo_1585826993.jpg
Anjing dan Kucing (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Di Hong Kong telah ditemukan dua kasus COVID-19 yang menginfeksi anjing dan kucing. Bahkan kasus penularan COVID juga dijumpai pada kucing di Belgia. Tak mau kecolongan lagi seperti kasus COVID, Pemerintah Cina di Kota Shenzhen, meminta warganya untuk tidak makan daging anjing dan kucing.

Seperti dilansir situs channelnewsasia.com (2/4/2020), pihak berwenang di Cina selatan mengatakan larangan makan anjing dan kucing akan mulai berlaku pada 1 Mei.

"Anjing dan kucing sebagai hewan peliharaan telah menjalin hubungan yang jauh lebih dekat dengan manusia daripada semua hewan lain, dan melarang konsumsi anjing dan kucing serta hewan peliharaan lainnya adalah praktik umum di negara-negara maju dan di Hong Kong dan Taiwan," bunyi pernyataan dari pemerintah kota itu.

Sebelumnya pemerintah Cina cuma melarang mengonsumsi binatang liar, seperti ular, kalelawar, musang, treggiling, dan sebagainya. Namun pemerintah Shenzen memberikan penekanan juga sebagai binatang yang tak boleh dikonsumsi.

Mengomentari soal itu, Liu Jianping, seorang pejabat Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Shenzhen, mengatakan bahwa unggas, ternak, dan makanan laut yang tersedia untuk tersedia untuk dikonsumsi manusia.

"Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa satwa liar lebih bergizi daripada unggas dan ternak," ujar Liu.

Larangan itu dikeluarkan karena setelah tidak ditemukan kasus baru domestik dari penularan COVID-19 - kecuali kasus impor - pemerintah kini menemukan kasus baru infeksi COVID-19. Diduga ini ada kaitannya dengan konsumsi hewan.

Sementara itu, Teresa Telecky, wakil presiden departemen satwa liar pada Human Society International, menyambut baik kebijakan pemerintah kota Shenzhen..

"Langkah berani Shenzhen untuk menghentikan perdagangan dan konsumsi satwa liar ini adalah model yang ditiru oleh banyaka pemerintah di seluruh dunia."

tag: #cina  #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement