Oleh Aries Kelana pada hari Senin, 20 Apr 2020 - 22:30:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Meski Kasus Wabah COVID-19 Masih Tinggi, Iran Putuskan Mal dan Pasar Dibuka Lagi

tscom_news_photo_1587396619.jpg
Suasana mal di Iran (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Kasus COVID-19 di Iran masih tinggi, dan tak lama lagi bakal mendekati jumlah kasus yang pernah dicapai Cina yaitu di atas 80.000. Adapun jumlah kasusnya lebih dari 82.000 orang dan 5.118 orang telah menghembuskan napas terakhir.

Meski begitu, pemerintah Iran memutuskan untuk membuka kembali mal-mal perbelanjaan dan pasar-pasar pada Senin (20/4/2020).

Dalam pernyataannya yang dikutip reuters.com itu, Presiden Hassan Rouhani mencabut larangan perjalanan antar kota dan mengakhiri penutupan bisnis yang dinilai hanya menimbulkan "risiko menengah" penyebaran virus corona, di seluruh negeri.

"Bisnis-bisnis berisiko menengah seperti toko-toko di ... pasar-pasar atau di samping satu sama lain di gedung-gedung seperti pusat-pusat perbelanjaan akan diizinkan untuk dibuka kembali sambil menghormati protokol kesehatan," kata Rouhani.

Dengan dicabutnya larangan itu, televisi pemerintah menunjukkan lalu lintas komuter padat kembali di ibukota Teheran dan kota-kota lain.

Rouhani memutuskan hal itu karena di tengah upaya mencegah penularan COVID-19, ia juga khawatir bahwa langkah-langkah untuk membatasi kehidupan publik untuk mengendalikan virus dapat menghabisi ekonomi negara Iran yang sudah terpukul karena sanksi ekonomi dari sejumlah negara yang dikomandoi Amerika Serikat.

Meski dibuka kembali, pemerintah Teheran tetap memperpanjang penutupan sekolah dan universitas dan melarang pertemuan budaya, kegiatan agama dan olahraga.

Kebijakan tersebut karuan mengundang reaksi. Banyak yang keberatan pembukaan tersebut. "Saya sangat khawatir tentang apa yang terjadi ... Ketakutan saya adalah orang tidak akan menanggapi wabah ini dengan serius," kata seorang dokter di rumah sakit Rasulollah Teheran.

tag: #iran  #sanksi-ekonomi  #covid  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...