Berita
Oleh Rihad pada hari Sunday, 03 Mei 2020 - 07:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Di Satu Puskesmas, 67 Tenaga Medis Positif Rapid Test

tscom_news_photo_1588464796.jpg
Puskesmas ditutup (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sebanyak 67 tenaga medis di Puskesmas Long Ikis, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur dinyatakan positif berdasarkan hasil rapid test.

Puskesmas itu sempat melayani seorang pasien yang kemudian ditetapkan terjangkit Covid-19.

“Jadi dari 85 tenaga medis di Puskesmas Long Ikis, yang reaktif hasil rapid test sebanyak 67 orang. Sisanya 18 tenaga medis hasilnya negatif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser Amir Faisol dalam konferensi pers daring, Sabtu (2/5/2020).

“Sudah ada kesepakatan 67 orang ini akan diisolasi di suatu tempat yang ada di Kecamatan Long Ikis, tujuannya menghindari penularan yang lebih jauh,” katanya.

Untuk sementara, lanjutnya, isolasi bagi tenaga medis ini dilaksanakan di Puskesmas tersebut. Karena jumlahnya yang sangat banyak, Pemerintah Kabupaten Paser sedang berkoordinasi untuk mencari tempat isolasi yang tepat.

Pelayanan Puskesmas Long Ikis ditutup total sejak Kamis (30/4/2020) karena tenaga medis yang tersedia hanya 18 orang.

Amir kembali mengingatkan, rapid test bukan penentu seseorang terjangkit Covid-19. Rapid test hanya semacam alat deteksi dini untuk pencegahan lebih cepat.

Sebelumnya diberitakan 30 tenaga medis di Puskesmas Long Kali, Kabupaten Paser juga positif berdasar tapis test. Untuk sementara puskesmas tersebut ditutup tapi akan diusahakan untuk segera buka kembali agar masyarakat bisa dilayani kembali.

Untuk memenuhi kekurangan tenaga medis di dua puskesmas yang ditutup sementara, Dinas Kesehatan Kabupaten Paser masih berkoordinasi untuk langkah selanjutnya.

tag: #corona  #rapid-test  #perawat  #tenaga-medis  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Keluarga Habib Rizieq Tolak Tes, Bima Arya Datangi RS Ummi

Oleh Rihad
pada hari Jumat, 27 Nov 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Wali Kota Bogor Bima Arya mendapat informasi pihak keluarga Habib Rizieq Syihab menolak dites swab oleh Pemkot Bogor. Sebelumnya, Habib Rizieq sudah menjalani tes swab oleh ...
Berita
MUI Pilih Ketua Baru

Barikade 98: Selamat MUI Baru Tanpa Khilafah dan Kelompok Anti Pancasila

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua Umum Barikade Benny Rhamdani memberikan ucapan selamat kepada kepengurusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025 yang dipimpin oleh KH Miftachul ...