Berita
Oleh Rihad pada hari Sunday, 03 Mei 2020 - 07:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Di Satu Puskesmas, 67 Tenaga Medis Positif Rapid Test

tscom_news_photo_1588464796.jpg
Puskesmas ditutup (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sebanyak 67 tenaga medis di Puskesmas Long Ikis, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur dinyatakan positif berdasarkan hasil rapid test.

Puskesmas itu sempat melayani seorang pasien yang kemudian ditetapkan terjangkit Covid-19.

“Jadi dari 85 tenaga medis di Puskesmas Long Ikis, yang reaktif hasil rapid test sebanyak 67 orang. Sisanya 18 tenaga medis hasilnya negatif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser Amir Faisol dalam konferensi pers daring, Sabtu (2/5/2020).

“Sudah ada kesepakatan 67 orang ini akan diisolasi di suatu tempat yang ada di Kecamatan Long Ikis, tujuannya menghindari penularan yang lebih jauh,” katanya.

Untuk sementara, lanjutnya, isolasi bagi tenaga medis ini dilaksanakan di Puskesmas tersebut. Karena jumlahnya yang sangat banyak, Pemerintah Kabupaten Paser sedang berkoordinasi untuk mencari tempat isolasi yang tepat.

Pelayanan Puskesmas Long Ikis ditutup total sejak Kamis (30/4/2020) karena tenaga medis yang tersedia hanya 18 orang.

Amir kembali mengingatkan, rapid test bukan penentu seseorang terjangkit Covid-19. Rapid test hanya semacam alat deteksi dini untuk pencegahan lebih cepat.

Sebelumnya diberitakan 30 tenaga medis di Puskesmas Long Kali, Kabupaten Paser juga positif berdasar tapis test. Untuk sementara puskesmas tersebut ditutup tapi akan diusahakan untuk segera buka kembali agar masyarakat bisa dilayani kembali.

Untuk memenuhi kekurangan tenaga medis di dua puskesmas yang ditutup sementara, Dinas Kesehatan Kabupaten Paser masih berkoordinasi untuk langkah selanjutnya.

tag: #corona  #rapid-test  #perawat  #tenaga-medis  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...