Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 08 Mei 2020 - 23:45:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Polri Cari Aktor Dibalik Pengiriman ABK Indonesia ke Kapal China

tscom_news_photo_1588956323.png
ABK Indonesia (Sumber foto : Ilustrasi)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bareskrim menyelidiki aktor di balik pengiriman anak buah kapal (ABK) yang bekerja di kapal Long Xing 629 dan Long Xin 604. Pasalnya mereka diduga kuat menjadi korban perbudakan semasa bekerja di sana.

Bahkan ada tiga orang di antara mereka yang sakit hingga meninggal dunia. Parahnya, oleh kapal kapal berbendera Tiongkok itu, jasad ABK malang asal Indonesia yang meninggal itu lantas dilarung di Samudera Pasifik pada Desember 2019 dan Maret 2020.

“Sore ini (mereka yang pulang) itu akan sampai di Indonesia dan akan diperiksa (sebagai saksi),” kata Dir Tipidum Brigjen Ferdy Sambo, Jumat (8/5/2020).

Kini, 14 ABK asal Indonesia yang diperbudak oleh kapal pencari ikan berbendera Cina telah dipulangkan. Pagi tadi mereka sempat ditelepon oleh Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi sebelum berangkat naik pesawat dari Korea Selatan.

Keberangkatan mereka dari Bandara Incheon didampingi oleh pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul. KBRI memastikan 14 orang ini sehat semua dan sudah selesai menjalani masa karantina virus Corona selama 14 hari di Korsel.

"Semuanya dalam keadaan sehat, insyaallah. Bahkan pada waktu mereka menunggu keberangkatan di Bandara Incheon, Ibu Menteri Ibu Retno Marsudi sempat melakukan percakapan dengan mereka lewat telepon. Kami di KBRI Seoul tentunya akan terus menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan mereka, anak-anak 14 orang ABK kita ini. Mudah-mudahan bisa tercapai penyelesaian sebaik-baiknya dalam waktu yang tidak terlalu lama," tutur Duta Besar RI untuk Korsel Umar Hadi dalam sebuah video yang diedarkan.

Ke-14 ABK itu diterbangkan dengan pesawat Garuda, lepas landas dari Incheon pukul 10.35 waktu setempat, dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, sore tadi.

tag: #china  #abk  #polri  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Bengkulu Diguncang Gempa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 24 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Provinsi Bengkulu diguncang Gempa dengan Magnitudo (M=) 4,9, Minggu (24/1/2021), pukul 20.03 WIB. BMKG menyatakan, gempa tidak berpotensi tsunami.  Dari analisis ...
Berita

Garuda Indonesia Tetap Disiplin dalam Perawatan Meski Pandemi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memastikan bahwa pihaknya tetap konsisten dalam melakukan perawatan pesawat. Hal tersebut tetap dilakukan meski dalam masa ...