Berita
Oleh Rihad pada hari Monday, 11 Mei 2020 - 06:25:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Bukan Hanya Indonesia, Pemerintah Malaysia Juga Larang Warganya Balik Kampung

tscom_news_photo_1589149530.jpg
Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Tak hanya di Indonesia, pemerintah Malaysia juga melarang warga merayakan Idul Fitri di kampung. "Saya harus minta maaf, demi keselamatan dan kesehatan bersama, perjalanan balik kampung tidak akan diizinkan," kata Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin seperti yang dikutip Kantor Berita Bernama.

Dia menambahkan, "Saya tahu banyak orang akan sedih karena tidak bisa kembali ke rumah untuk merayakan Hari Raya. Harap bersabar. Ketika situasinya telah kembali normal, Anda dapat kembali ke rumah untuk mengunjungi orang tua dan kerabat Anda."

Perintah kontrol gerakan bersyarat (MCO), yang telah diperpanjang hingga 9 Juni, melarang perjalanan antar negara bagian dalam upaya untuk memutus rantai infeksi Covid-19.

Muhyiddin meminta stasiun televisi dan radio untuk menghidupkan suasana meriah dengan memainkan sejumlah acara Idul Fitri yang untuk menghibur warga.

"Mungkin stasiun televisi dan radio dapat memainkan (populer P Ramlee klasik) Dendang Perantau sesekali, tetapi jika diputar terlalu sering, saya akan merasakan kesedihan juga. Jadi, tayangkan lagu-lagu Hari Raya yang ceria. Saya menonton lagu ini, Jange Kelik La Weii (Jangan Datang Pulang dalam dialek Kelantan) di YouTube. Lagu ini cukup baik, saya kira," imbuhnya.

Perdana menteri mengatakan suasana baru ini tidak berarti umat Islam di negara itu tidak akan dapat merayakan Idul Fitri, yang diperkirakan akan jatuh pada 24 Mei, dengan cara yang ceria dan hidup.

Perpanjang MCO

Malaysia memperpanjang Perintah Kontrol Gerakan (MCO) hingga 9 Juni. Ini merupakan perpanjangan keempat sejak berlaku pada 18 Maret.

Dalam pidato khusus pada Minggu (10/5), Muhyiddin menyatakan, meski pemerintah melihat banyak perkembangan positif dalam perjuangan melawan virus corona baru, upaya tersebut belum sepenuhnya berhasil.

Seperti diketahui, MCO periode ketiga akan berakhir besok (12/5). "Berdasarkan opini publik, saya menyadari bahwa orang ingin pemerintah untuk terus mengambil langkah yang diperlukan untuk memerangi epidemi," katanya seperti dikutip Channelnewsasia.com.





tag: #malaysia  #mudik  #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...