Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 12 Mei 2020 - 04:02:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Mantan Pimpinan KPK Kritik Kepemimpinan Firli Cs, Soal Apa?

tscom_news_photo_1589230920.jpg
Saut Situmorang mantan pimpinan KPK (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang melontarkan kritik kepada pimpinan KPK saat ini. Saut mengkritik cara baru lembaga yang pernah dipimpinnya itu dalam mengumumkan tersangka.

Diketahui, Pimpinan KPK Jilid V berencana untuk tidak mengumumkan tersangka sebelum menangkapnya. Cara ini diklaim untuk mencegah tersangka melarikan diri.

Saut mengingatkan Firli Bahuri Cs mengenai nilai-nilai antikorupsi yang seharusnya dijaga siapapun yang memimpin lembaga antikorupsi. Nilai-nilai tersebut di antaranya, kejujuran, kebenaran dan keadilan, kepastian hukum, transparansi,check and ballancedan lainnya. Saut mengingatkan, tanpa transparansi akan muncul kecurigaan.

"Adagiumnya, semakin besar ketertutupan semakin besar kecurigaan, itu sebabnya manajemen modern dalampublic policyadalah keterbukaan," kata Saut saat dikonfirmasi, Senin (11/5/2020).

Dirinya mengingatkan KPK baik pimpinan maupun pegawai digaji menggunakan anggaran negara yang berasal dari pajak masyarakat. Untuk itu, publik, katanya, berhak mengetahui apa yang dilakukan KPK baik di bidang pencegahan maupun penindakan korupsi.

"Termasuk keterbukaan anda melakukan atau tidak melakukan penindakan dan pencegahan korupsi dimana publik pemilik dana yang anda pakai berhak memiliki Informasi anda melakukan atau tidak melakukan sesuatu," tegasnya.

Sepanjang nilai-nilai antikorupsi terjaga, Saut menilai gaya, strategi atau target yang ingin dicapai setiap era kepemimpinan KPK dapat berubah dan berkembang. Namun, Saut mengingatkan, pimpinan KPK Jilid V seharusnya memiliki indikator kerja yang disepakati bersama.

tag: #kpk  #korupsi  #firli-bahuri  #saut-situmorang  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...