Oleh Rihad pada hari Minggu, 24 Mei 2020 - 23:34:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Pasien yang Lolos dari Wisma Atlet Ditemukan di Tasikmalaya Sedang Naik Motor

tscom_news_photo_1590338016.jpg
Ilustrasi jalan menuju Tasikmalaya (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Tim gabungan berhasil mengevakuasi pasien positif COVID-19, Kamis 21 Mei 2020 pukul 01.15 WIB. Kejadiannyai berada di cek poin Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya, Tapal Kuda Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

Pasien tersebut seharusnya menjalani isolasi ke Wisma Atlet Kemayoran. Akan tetapi pasien tersebut nekat pulang kampung ke Tasikmalaya dengan menggunakan sepeda motor. Diketahui, pasien positif COVID-19 ini berasal dari Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya dan bekerja di sebuah percetakan di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Petugas berhasil menemukannya saat mengendarai sepeda motor bersama beberapa rekannya. Oleh petugas, pasien kemudian dibawa ke RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya untuk proses isolasi. Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana mengatakan, warga Kecamatan Sariwangi tersebut akhirnya berhasil dicegah hingga tidak pulang kampung ke keluarganya, melainkan langsung dievakuasi ke ruang Isolasi RSUD SMC.

"Hal ini untuk antisipasi Penyebaran Wabah COVID-19 di Kabupaten Tasikmalaya," tambah Hendria.

Pasien laki-laki berusia 20 tahun itu sempat jalani Tes Swab di Puskesmas Kelapa Gading Jakarta Utara pada tanggal 17 Mei 2020 lalu dengan keluhan mirip COVID-19.

Akan tetapi, pasien memutuskan mudik 20 Mei 2020, tanpa melapor terlebih dahulu ke Puskesmas Kelapa Gading. Saat di perjalanan pulang ke kampung halaman, hasil PCR atau Swab atas dirinya keluar dan dinyatakan positif COVID-19.

Meski Dinas Kesehatan DKI Jakarta memintanya masuk Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet untuk penanganan COVID-19, sang pasien menolak kembali karena sudah terlanjur melakukan setengah perjalanan mudik.

Pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta lantas melakukan Koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya untuk menghentikan pasien agar tidak pulang ke rumahnya.

Hasil koordinasi yang baik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 akhirnya bisa meyakinkan pasien untuk jalani perawatan medis di Ruang Isolasi Corona RSUD SMC.

Kasie Kemedikan RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, dr. Adi Widodo mengatakan, yang bersangkutan sudah masuk di Ruang Isolasi RSUD SMC sejak dini hari.

Kondisinya saat ini diketahui stabil. Masyarakat dan keluarga tidak perlu khawatir, sebab sang pasien kini dalam penanganan medis.

tag: #corona  #pasien  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement