Oleh Aries Kelana pada hari Selasa, 26 Mei 2020 - 21:20:58 WIB
Bagikan Berita ini :

PBB: Kedua Korea Melanggar Gencatan Senjata Dalam Kontak Senjata 3 Mei 2020

tscom_news_photo_1590502858.jpg
bendera Korut dan Korsel (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Komando Perserikatan Bangsa-bangsa (UNC) yang bertuags menjaga perdamain di negara-negara yang bersengketa menyatakan bahwa Korea Utara dan Korea Selatan sama-sama melanggar gencatan senjata. Pernyataan itu dikeluarkan dikelarkan berkaitan dengan kontak senjata kedua negara yang berlangsung 3 Mei 2020 lalu.

UNC dikomandoi tentara berpangkal jendral asal Amerika Serikat. UNC bertugas menjaga perbatasan kedua negara.

UNC membuat pernyataan yang dilansir channelnewsasia.com (26/5/2020) menyebutkan bahwa kedua belah pihak telah melanggar perjanjian, yang telah ada sejak Perang Korea 1950-1953.

Dalam peristiwa awal Mei itu, Pasukan Korea Utara di sebuah pos jaga melakukan pelanggaran ketika mereka menembakkan empat peluru amunisi 14,5 mm ke pos jaga UNC di sisi selatan Garis Demarkasi Militer (MDL).

Para pejabat Korea Selatan dan AS mengatakan mereka yakin tembakan itu adalah kecelakaan, tetapi UNC mengatakan "penyelidikan tidak dapat menentukan secara pasti apakah keempat putaran itu ditembakkan secara sengaja atau tidak sengaja".

Menurut UNC, pasukan Korea Selatan juga melanggar perjanjian gencatan senjata ketika mereka menembakkan dua tembakan balik ke arah Korea Utara setengah jam kemudian.

Sementara itu, militer Korea Utara tidak memberikan "tanggapan resmi" ketika UNC mengundangnya untuk mengambil bagian dalam penyelidikan.

tag: #korea-selatan  #korea-utara  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Lainnya
Berita

Demokrat Pertanyakan Target Pemerintah Dalam Program Jaringan Gas Bersubsidi

Oleh Givary Apriman
pada hari Senin, 06 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Presiden Joko Widodo menargetkan pada tahun 2022 sudah terpasang dua juta sambungan jaringan pipa gas bersubsidi ke rumah-rumah masyarakat.  Menanggapi program ...
Berita

PAN Siap Masuk Kabinet Jokowi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sejak peristiwa gusarnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sidang paripurna kabinet bulan lalu, isu reshuffle kabinet terus menyebar.  Kabar potensi terjadinya ...