Berita
Oleh Rihad pada hari Thursday, 28 Mei 2020 - 06:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Gorontalo Segera Terapkan Kehidupan New Normal, Begini Gambarannya.

tscom_news_photo_1590622240.jpg
Gubernur Rusli Habibie (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Empat provinsi yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), termasuk Gorontalo siap memasuki era baru. Penerapan New Normal menghadapi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) siap diterapkan di Gorontalo bersama tiga provinsi lainnya, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Barat. “Gorontalo sangat siap,” ujar Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Rusli menegaskan, penerapan New Normal akan dilakukan melalui kajian matang. Lebih lanjut Gubernur Gorontalo dua periode itu menjelaskan, Pemprov Gorontalo akan lebih banyak melakukan upaya preventif dan sosialisasi dalam penerapan New Normal.

Sosialisasi akan dilakukan secara masif di seluruh wilayah dengan melibatkan berbagai komponen, tokoh masyarakat dan tokoh agama. “Semua akan kita gerakkan untuk penerapan New Normal. Kalau tingkat kesadaran masyarakat sudah baik, tentunya tidak perlu lagi ada pembatasan wilayah, pembatasan waktu beraktivitas dan penutupan pasar,” kata Rusli.

Pemerintah kabupaten juga siap melaksanakan Normal Baru. Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin menegaskan akan memperketat kembali ruang masuk bagi pendatang dari luar daerah masuk ke Gorontalo.

“Kita mulai memberlakukan pembatasan-pembatasan dan harus diperketat lagi. Sehingga tidak ada penyusup-penyusup dari daerah lain masuk ke Gorontalo,” tegas Indra, Selasa (26/5/2020).

Indra mengungkapkan jangan sampai ada yang masuk ke Gorontalo dengan tujuan lain, maka itu harus diperketat. Perketat yang dimaksud juga seperti pengurangan 50 persen untuk angkutan umum. Bahkan tak hanya itu. Indra mengatakan petugas harus mengetahui identitas setiap pengunjung dan tujuannya kemana.

Tujuannya, ketika terjadi sesuatu, maka pemerintah sudah mengantongi identitas yang bersangkutan. “Kalau hanya kita biarkan begitu saja, kita tidak tahu kemana arah mereka. Dengan data identitas (KTP) yang kita miliki, maka kita sudah bisa tahu dari mana dan mau kemana mereka. Itu harus kita kendalikan,” kata Indra.

Ia menambahkan kalau sifatnya hanya menuju Gorontalo sebaiknya dikembalikan, jangan mudik. Apabila mereka kembali ke kampung sendiri perlu juga dipertimbangkan.“Saya harap jangan dulu mudik. Untuk pariwisata saya minta ditutup dulu, belum ada tempat wisata yang dibuka,” katanya.

Kabupaten Gorontalo juga mulai mempersiapkan diri untuk menyambut era new normal. Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, bahwa pemerintah akan menyusun konsep baru untuk menata sekaligus membangkitkan semangat masyarakat. "Sekarang adalah waktunya kami bersiap diri menyambut era new normal secara bertahap. Karena bagaimanapun, kita harus bangkit berbenah kembali dan memilih bersahabat dengan Corona.” ungkap Nelson.

Saat ini, pemerintah daerah masih terus melakukan beberapa persiapan dan rapat koordinasi sebelum benar-benar menerapkan konsep New Normal.

tag: #psbb  #new-normal  #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...