Oleh Aries Kelana pada hari Jumat, 29 Mei 2020 - 19:18:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Gegara George Floyd Tewas Dalam Penangkapan oleh Polisi, Kerusuhan Massal Terjadi Minneapolis

tscom_news_photo_1590754716.jpg
Kerusuhan di Amerika Serikat (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Matinya George Floyd di tangan polisi terus berlanjut. Aksi kerusuhan pun merajalela dan menyebar di sejumlah wilayah. Sampai hari ketiga pasca kejadian masih terus berlangsung aksi pembakaran, penjarahan, dan perusakan.

Para pemrotes melampiaskan kemarahannya kepada polisi yang bersenjata menekan leher Floyd dengan lututnya hingga kehabisan napas dan tewas.

Hingga detik ini, kerusahaan tidak bisa teratasi. Walikota kota terbesar kedua negara bagian Minnesota, Amerika Serikat (AS) pun meminta polisi mundur dari kantor polisi yang dibakar. Sementara itu Pasukan Pengawal Nasional yang dipanggil Gubernur Minnesota Tim Walz tidak bereaksi mengamankan kota Minnesota.

Padahal Kamis malam (28/5/2020) Presiden Donald Trump ikut meminta Pengawal Nasional ikut turun tangan setelah menganggap walikota lemah dalam memulihkan ketertiban.

"Setiap kesulitan dan kami akan mengambil kendali tetapi, ketika penjarahan dimulai, penembakan dimulai," tulis Trump dalam Twitter yang dikutip reuters.com (29/5/2020).

Protes simpati menyebar ke kota lain seperti Los Angeles dan Denver. Jalan tol diblokir. Di Phoenix, pengunjuk rasa berhadapan dengan polisi dengan kerusuhan di City Hall, dan sebuah rapat umum digelar di Arizona State Capitol.

Pada Kamis malam aksi massa juga menyebar ke kota St. Paul, ibukota negara bagian yang berdekatan, dengan kebakaran dan perusakan di sana.

Kerusuhan tersebut dipicu oleh video yang menyorot penangkapan Floyd, 46 tahun. Di video itu ditunjukkan ketika polisi menekan leher dengan lututnya, Floyd mengerang: "Tolong, aku tidak bisa bernapas."

Empat petugas polisi yang terlibat dalam penangkapan Lloyd, dipecat pada hari Selasa, tetapi kerusuhan terus berlanjut.

tag: #amerika-serikat  #polisi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...