Oleh Aries Kelana pada hari Senin, 22 Jun 2020 - 18:51:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Inggris Mulai Gunakan Air Liur Untuk Mendeteksi Adanya Virus Corona

tscom_news_photo_1592826676.jpg
Tes swab untuk deteksi COVID (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Pemerintah Inggris mulai meninggalkan tes swab untuk mendeteksi adanya virus Corona di dalam tubuh orang yang diperiksa. Pemerintah London beralih menggunakan tes air lur. Ini karena tes air liur lebih sederhana dan hasilnya lebih cepat. Sebab hasil bisa diketahui selang 2 hari – lebih cepat daripada tes swab dan metode reaksi rantai polimerase standar (PCR).

Ada pun Chronomics, Avacta, MAP Science dan Oxford Nanoimaging tes air liur itu untuk mendiagnosa adanya virus penyebab COVID-19.

Mereka juga bekerjasama dengan pemasok termasuk DNA Genotek, International Scientific Supplies Ltd, Isohelix dan produsen terkemuka lainnya, untuk mengembangkan kit pengumpul air liur yang dapat digunakan dengan metode PCR .

“Pengujian air liur berpotensi membuat orang lebih mudah untuk melakukan tes coronavirus di rumah, tanpa harus menggunakan penyeka,” kata Menteri Kesehatan Matt Hancock.

“Uji coba ini juga akan membantu kita mengetahui apakah pengujian rutin di rumah dapat menemukan kasus virus lebih awal.”

Seperti dilansir reuters.com (22/6/2020), tes air liur tidak menggunakan PCR. Menurut Hancock, tes swab memiliki kekurangan karena bisa memberhasil hasil false negative, Artinya orang yang diusap tenggorokannya belum tentu negatif meski hasilnya negatif.

Sebaliknya tes air liur yang menggunakan teknik RT-Lamp, diklaim pemerintah London telah terbukti sangat menjanjikan.

Namun demikian pemerintahan Boris Johnson akan menggunakan tes air liur sebagai studi percontohan dulu. Setiap pekan, pemerintah akan memeriksa 33.000-40.000 orang dengan tes air liur.

Selain itu, lebih dari 14.000 dokter dan pekerja kesehatan, pekerja penting lainnya dan staf universitas serta rumah tangga mereka di kota Southampton akan berpartisipasi dalam uji coba tersebut.

tag: #covid-19  #inggris  #rapid-test  #pcr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...