Oleh Givary Apriman pada hari Jumat, 03 Jul 2020 - 10:43:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Ramai Isu Reshuffle, Pengamat Ingatkan Jokowi Intervensi Parpol Bisa Reduksi Kekuasaan

tscom_news_photo_1593745458.jpg
Pangi Syarwi Chaniago (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Marahnya Presiden Jokowi pada Menterinya beberapa waktu lalu memancing banyak spekulasi di publik.

Dengan marahnya Presiden Jokowi pada menterinya, berhembus kabar kalau Reshuffle kabinet Indonesia Maju akan segera dilakukan Presiden Jokowi.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago mengatakan kalau Presiden Jokowi harus berhati-hati menentukan orang-orang yang layak jika ingin melakukan bongkar pasang kabinet.

Sebab bukan tidak mungkin nantinya akan ada intervensi dari partai politik pendukung pemerintahan terkait reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

"Apabila intervensi parpol dalam penyusunan kabinet dan reshuffle cukup tinggi, akan mereduksi kekuasaan presiden (hak prerogatif)," kata Pangi melalui keteranganya, Jumat (03/07/2020).

Terkait kemarahan Presiden Jokowi kala menyampaikan rencana mereshiffle kabinetnya, Pangi menutukan kalau hal itu hanya sebatas hukum alam dari apa yang dilakukan Presiden Jokowi sebelumnya.

"Kemarin hanya bagian dari kausalitas, akibat presiden salah menempatkan pembantunya, tidak menjalankan hak prerogatif secara maksimal, belum lagi tidak menempatkan menteri berdasarkan basis "the right man on the right place", sesuai kapasitas keahliannya," tuturnya.

Meski begitu, Dosen Ilmu Politik Universitas Syarif Hidayatullah UIN Jakarta ini menilai kalau tolak ukur Presiden Jokowi dalam Reshuffle harus jelas.

"Apakah Jokowi menilai sendiri kinerja menterinya berdasarkan bisikan ‘inner circle’ orang kepercayaan?" ujarnya.

"Atau presiden menilai pakai dukun atas kinerja menterinya? Bagaimana mengukur kinerja menteri? berbasiskan apa? Ini yang buat kita pusing pala barbie," tandasnya.

tag: #jokowi  #menteri-jokowi  #reshuffle-kabinet  #kabinet-jokowi-maruf-amin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Banner HUT RI Ke-75 TeropongSenayan.com
advertisement
Banner HUT RI Ke-75 Irma Suryani Chaniago
advertisement
Banner HUT RI Ke-75 SOKSI
advertisement
Banner HUT RI Ke-75 Arsul Sani
advertisement
Banner HUT RI Ke-75 Syaifullah Tamliha
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita
Kasus Jiwasraya

Mengaku Tak Pernah di BAP, Pengacara Benny Tjokro Protes Terhadap Saksi yang Dihadirkan JPU

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 15 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kuasa Hukum Terdakwa Kasus Jiwasraya Benny Tjokro menyampaikan protes terhadap seorang saksi yang mengaku tidak pernah diperiksa dan dibuat Berita Acara Pemeriksaan ...
Berita

PKS: Belanja APBN 2021 Harus Efektif Usai Terdampak Resesi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi Keuangan (Komisi XI) DPR, Ecky Awal Mucharam, menilai rancangan RUU APBN Tahun 2021 yang dibacakan oleh Presiden dalam sidang tahunan MPR kemarin (14/8) ...