Oleh Givary Apriman pada hari Jumat, 03 Jul 2020 - 10:43:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Ramai Isu Reshuffle, Pengamat Ingatkan Jokowi Intervensi Parpol Bisa Reduksi Kekuasaan

tscom_news_photo_1593745458.jpg
Pangi Syarwi Chaniago (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Marahnya Presiden Jokowi pada Menterinya beberapa waktu lalu memancing banyak spekulasi di publik.

Dengan marahnya Presiden Jokowi pada menterinya, berhembus kabar kalau Reshuffle kabinet Indonesia Maju akan segera dilakukan Presiden Jokowi.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago mengatakan kalau Presiden Jokowi harus berhati-hati menentukan orang-orang yang layak jika ingin melakukan bongkar pasang kabinet.

Sebab bukan tidak mungkin nantinya akan ada intervensi dari partai politik pendukung pemerintahan terkait reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

"Apabila intervensi parpol dalam penyusunan kabinet dan reshuffle cukup tinggi, akan mereduksi kekuasaan presiden (hak prerogatif)," kata Pangi melalui keteranganya, Jumat (03/07/2020).

Terkait kemarahan Presiden Jokowi kala menyampaikan rencana mereshiffle kabinetnya, Pangi menutukan kalau hal itu hanya sebatas hukum alam dari apa yang dilakukan Presiden Jokowi sebelumnya.

"Kemarin hanya bagian dari kausalitas, akibat presiden salah menempatkan pembantunya, tidak menjalankan hak prerogatif secara maksimal, belum lagi tidak menempatkan menteri berdasarkan basis "the right man on the right place", sesuai kapasitas keahliannya," tuturnya.

Meski begitu, Dosen Ilmu Politik Universitas Syarif Hidayatullah UIN Jakarta ini menilai kalau tolak ukur Presiden Jokowi dalam Reshuffle harus jelas.

"Apakah Jokowi menilai sendiri kinerja menterinya berdasarkan bisikan ‘inner circle’ orang kepercayaan?" ujarnya.

"Atau presiden menilai pakai dukun atas kinerja menterinya? Bagaimana mengukur kinerja menteri? berbasiskan apa? Ini yang buat kita pusing pala barbie," tandasnya.

tag: #jokowi  #menteri-jokowi  #reshuffle-kabinet  #kabinet-jokowi-maruf-amin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...