Oleh Rihad pada hari Sabtu, 04 Jul 2020 - 11:01:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Batuk Kering Bisa Saja Tanda Kemasukan Virus COVID-19

tscom_news_photo_1593835120.jpg
Ilustrasi batuk (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Banyak gejala yang menunjukan orang terkena COVID-19. Gejala yang paling umum adalah batuk. Batuk kering yang terasa ringan juga bisa membahayakan kalau diikuti gejala-gejala selanjutnya seperti demam dan kelelahan, mirip flu.

Dokter Maja Husaric dan Vasso Apostolopoulos dari Victoria University mengatakan batuk kering yang disebabkan COVID-19 tidak menghasilkan dahak.

"Batuk kering tidak membersihkan saluran udara Anda sehingga penderita merasa sebagai batuk yang tidak tuntas," katanya seperti dilansir Medical Daily.

Batuk kering yang persisten karena COVID-19 bisa membuat penderitanya sesak napas karena jaringan paru-paru teriritasi.

Namun, batuk bisa mulai menjadi basah dalam beberapa kondisi. Sebagai contoh, orang-orang dengan pneumonia sering menunjukkan batuk kering tetapi ketika infeksi berkembang, kantung udara paru-paru dapat terisi oleh sekresi peradangan, menyebabkan batuknya menjadi basah.

Batuk basah melibatkan dahak yang bergerak dari paru-paru dan menurunkan saluran udara ke mulut. Kehadiran cairan di saluran udara menyebabkan suara "basah" saat batuk. Dalam beberapa kasus, orang juga mengeluarkan bunyi mengi saat bernapas.

Jika Anda ingin memeriksakan diri ke dokter untuk memeriksa kondisi, biasanya dokter akan bertanya, "Berapa lama batuk berlangsung?", "Kapan batuknya paling parah? Malam, pagi, sepanjang hari?", "Bagaimana suara batuknya?".

"Batuk kadang terjadi selama berminggu-minggu, menghasilkan lendir berdarah, menyebabkan perubahan warna dahak atau disertai dengan demam, pusing atau kelelahan mungkin merupakan tanda Anda perlu ke dokter," kata Husaric dan Apostolopoulos dalam sebuah artikel yang diunggah dalam the Conversation.

tag: #covid-19  #gejala-covid  #batuk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Ragam

Bawang Putih Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Rahasia Umur Panjang

Oleh Rihad
pada hari Sabtu, 01 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Bawang putih  dengan nama ilmiah Allium sativum bermanfaat baik untuk kesehatan kita. Warga negara Pennsylvania, bernama Virginia usia 89 tahun, mengaku gemar makan ...
Ragam

Apakah Makanan Bisa Menularkan COVID-19?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kadang kita makan di restoran atau di rumah orang saat berkunjung. Pada masa pandemi sekarang ini tentu kita was-was, apakah COVID-19 bisa menular lewat ...