Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 07 Jul 2020 - 13:51:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Laut Selatan Pulau Jawa Diguncang Gempa

tscom_news_photo_1594104673.jpg
Gempa (Sumber foto : Ilustrasi)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Laut selatan Pulau Jawa diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 pada Selasa pukul 12.17.52 WIB.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa berada pada 9.42 Lintang Selatan, 107.27 Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berjarak 234 km barat daya Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa tersebut terjadi tidak lama setelah sebelumnya gempa bermagnitudo 5,4 mengguncang Lebak Banten yang getarannya juga dirasakan hingga sebagian wilayah Jawa Barat dan Jakarta.

Gempa bumi bermagnitudo 5,4 yang terjadi pada Selasa di Lebak Banten berpusat di darat pada jarak 18 km arah barat daya Rangkasbitung akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault)," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa tektonik tersebut memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,1 dengan episenter terletak pada koordinat 6,70 LS dan 106,15 BT pada kedalaman 87 km.

Dampak gempa bumi berupa guncangan yang dirasakan di daerah Lebak pada skala III-IV MMI yaitu bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

tag: #gempa-bumi  #bmkg  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Djoko Tjandra Mulai Rasakan Rutan Salemba

Oleh Rihad
pada hari Jumat, 07 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Bareskrim Polri telah merampungkan pemeriksaan terhadap terpidana kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra. Atas hal itu, Bareskrim pun ...
Berita

Tujuh Rumah Sakit BUMN Dilebur Jadi Holding

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pertamedika IHC melakukan penandatangan akta jual beli dengan tujuh BUMN pemilik Rumah Sakit BUMN dalam rangka pembentukan holding rumah sakit BUMN yang diadakan di ...