Oleh Rihad pada hari Sabtu, 11 Jul 2020 - 21:52:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Sangat Membanggakan, Kompol Sutioso Ikhlas Urus Jenazah Covid-19

tscom_news_photo_1594479092.jpg
Kompol Sutiono (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Apa yang dilakukan Kompol Sutiono membuat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis bangga. Kasat Intelkam Polresta Malang Kota, Sutiono adalah relawan pemulasaran jenazah COVID-19.

Apresiasi khusus ini disampaikan secara langsung oleh Kapolri melalui video call di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Nasrani, Jalan S Supriyadi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jumat (10/7/2020).

Melalui teleconference tersebut, Idham Aziz menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dedikasi Kompol Sutiono terlibat dalam penanganan COVID-19. ""Saya sudah mendapat laporan dari Kapolda, soal dedikasi kamu. Nanti bisa saya janjikan memberikan reward. Saya ucapkan selamat, ya. Apa yang diinginkan, saya janji akan fasilitasi. Salam juga buat teman-teman yang lain," ujar Idham Aziz, lewat video call.

Tak hanya menyampaikan apresiasi, Idham Aziz juga berpesan kepada tim agar selalu menjaga kesehatan dalam menjalankan tugas mulia tersebut. Apalagi menjalani tugas ganda di kepolisian.

""Tetap jaga kesehatan ya. Salam juga buat teman-teman yang lain. Semisal nanti terpapar, kami janji akan berikan pelayanan terbaik,"" katanya.

Terpisah, Kasat Intelkam Polresta Malang Kota, Kompol Sutiono, mengaku terkejut atas atensi dari Kapolri ini. ""Jujur saya tidak menyangka sampai kayak gini. Kemarin dari Kapolda, sekarang dari Kapolri. Gak nyangka sekali,"" ujarnya.

Dituturkan Sutiono, Kapolri Jenderal Idham Aziz bahkan menjanjikan pemberian reward apa saja yang diinginkan tim. Namun, dia merasa bingung dan tidak ingin apa-apa. Sebab semua murni atas dasar rasa kemanusiaan. ""Dalam pekerjaan ini saya gak berpikir sama sekali kayak gini. Saya dan tim bekerja berdasarkan rasa ikhlas. Jika memang ada masyarakat butuh, kami siap bantu,"" tuturnya.

Sutiono mengaku tidak menyangka mendapat kesempatan video call secara langsung dengan pemimpin tertingginya di Polri pada Jumat, 10 Juli 3020. Sebelumnya dia mendapat penghargaan dari Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Mohammad Fadil Imran dan dipanggil ke Mapolda Jatim pada Kamis, 9 Juli 2020.

"Memang selama ini saya di-support langsung sama Kapolres, selama ini saya bertugas sepenuh hati. Pak Kapolda memanggil saya mendadak Kamis. Terus Jumat ditelepon (video call) sama Pak Kapolri. Tidak menyangka mendapat banyak dukungan dan apresiasi," katanya, Sabtu, 11 Juli 2020.

Sutiono memang relawan COVID-19 dari Polres Kota Malang, tapi tidak semua polisi awalnya berani dengan tugas bersiko tinggi itu. Memakamkan berarti masuk kategori kontak erat dengan jenazah COVID-19. Bersama relawan Public Safety Center (PSC) 119 Malang, dia memutuskan menjadi petugas pemulasaran jenazah COVID-19. "Karena kekurangan tenaga, akhirnya saya bersama teman-teman PSC menjalankan misi kemanusiaan ini. Dari polisi awalnya saya sendirian, terus ada anggota lain sampai jumlahnya lima orang dari Polresta Malang. Karena pernah ada jenazah COVID-19 tapi tidak ada yang berani memakamkan, di sinilah saya terpanggil," kata Sutiono, Jumat, 10 Juli 2020.

Sebagai kontak erat dengan risiko tinggi dia memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik. Pakaian dekontaminasi atau hazmat digunakan hanya sekali pakai, pun dengan sarung tangan, masker dan face shield. Setelah memakamkan jenazah, semua tim yang terlibat wajib merendam tangan pada cairan alkohol dengan kadar 90 persen.

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...