Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 25 Jul 2020 - 07:41:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Usai Bertemu Purnomo, Jokowi Sudah Tes Swab, Bagaimana Hasilnya?

tscom_news_photo_1595637689.jpeg
Presiden Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PresidenJoko Widodosudah menjalani tes swab menyusul kabar Wakil Wali Kota SoloAchmad Purnomodinyatakan positif terjangkit Covid-19, Jumat (24/7/2020) kemarin. Pasalnya, Jokowi sempat bertemu dengan Achmad Purnomo beberapa waktu lalu yang sudah dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, seluruh perangkat yang berada di Istana Kepresidenan melakukan pemeriksaan secara rutin.

Sesuai jadwal, kata Heru, Eks Gubernur DKI Jakarta memang sedang melakukan tes swab pada hari ini, Jumat (24/7/2020).

"Bapak Presiden dan perangkat, kami semua di sini yang melayani bapak Presiden selalu melakukan tes kesehatan secara rutin. Khususnya Bapak Presiden dilakukan rutin dan hari ini secara kebetulan memang jadwalnya Bapak Presiden untuk melakukan tes kesehatan dan mungkin juga termasuk swab dan lain-lain," kata Heru kepada wartawan, Jumat (24/7/2020).

Heru menjelaskan, seluruh keluargaJokowi, termasuk Ibu Negara Iriana Jokowi memang memiliki jadwal pemeriksaan yang rutin.

"Ibu negara beserta Bapak Presiden bersama keluarga tentunya itu sama perlakuannya. Tentunya tes kesehatan ya dengan rutin. Tentunya pengetatan kami sudah maksimal," sambungnya.

Heru menegaskan, seluruh pihak yang ingin bertemu dengan Kepala Negara, mulai dari masyarakat hingga jajaran menteri, harus melalui tahapan protokol yang ketat. Mulai dari rapid test, memakai masker, hinggs menjaga jarak.

"Di dalam Istana pun kursi dan tata letak meja dan kursi sudah kami lakukan jaga jarak dan lainnya," lanjut Heru.

Sebelumnya, kabar mengejutkan datang dari Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. Purnomo dinyatakan positif terjangkit Covid-19 usai melakukan tes swab pada Kamis, 22 Juli 2020.

Hasil positif itu didapat setelah Purnomo menjalani pemeriksaan swab tenggorokan untuk kedua kalinya.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, Purnomo dinyatakan positif usai bepergian ke Jakarta memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo. Ia pertama kali diperiksa sampel lendir tenggorokannya pada Jumat (16/7/2020) lalu.

Setelah itu kembali dilakukan swab pada Sabtu (18/7/2020). Dari hasil swab tenggorokan yang kedua tersebut hasilnya dinyatakan positif.

"Pertama itu masih antara positif negatif masih abu-abu. Kedua hasilnya positif," kata Rudy, sapaan FX Hadi, saat dihubungi wartawan, Jumat, 24 Juli 2020.


tag: #jokowi  #satgas-covid-19  #perppu-covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...